//

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BOWLING KAMPUS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 1 INGIN JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NOPITA MAYASARI - Personal Name
SubjectSECONDARY EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mayasari, Nopita. 2019. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Bowling KampusTerhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ingin Jaya”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Drs. Teuku Kusnafizal, M.Pd (2) Nurasiah, S.Pd.,M.Pd Kata Kunci: strategi pembelajaran, bowling kampus, prestasi belajar Strategi pembelajaran sangat memepengaruhi hasil belajar yang ingin dicapai oleh seorang guru. Untuk memperoleh hasil belajar siswa yang tinggi, salah satunya ialah penerapan strategi pembelajaran bowling kampus. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Strategi Pembelajaran Bowling KampusTerhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ingin Jaya”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Ingin Jaya yang berjumlah 156 siswa yang terdiri dari 6 kelas. Sampelnya adalah siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 22 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas terdapat perbedaan antara kelas eskperimen dan kelas kontrol nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 79,8:72,7. Berdasarkan uji hipotesis atau uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 – 2 = 22 + 22 – 2 = 42. Maka dari daftar distribusi t diperoleh ttabel = 2,02. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, terima H0 jika t < t1-1/2α.Karena thitung> ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan, diperoleh hasil uji-t yaitu nilai thitung = 3,19 dan nilai ttabel = 2,02. Berarti bahwa thitung>ttabel yaitu 3,19 > 2,02. Dengan demikian sesuai kriteria pengujian, maka H0 ditolak dan Ha diterima.Artinya penggunaan strategi pembelajaran bowling kampus berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajran sejarah.Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi bowling kampus adalah siswa lebih aktif, kreatif dan tidak hanya menjadi pendengar pasif dari apa yang disampaikan guru tapi siswa juga terlibat secara langsung dalam proses belajar mengajar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH STRATEGI BELAJAR CARD SORT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LHOONG ACEH BESAR (Rika Rahmalia, 2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BROKEN TRIANGLE/ SQUARE/HEART (PECAHAN SEGITIGA/BUJUR SANGKAR/HATI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 INGIN JAYA (T. irwansyah, 2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN STRATEGI READING QUIZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (SRI WAHYUNA, 2019)

PROFIL AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI METAKOGNITIF KELAS XI DI SMA NEGERI 1 INGIN JAYA (REFA JULAINA, 2016)

PENGARUH STRATEGI BELAJAR BATU LONCATAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI 1 MEUREUDU (AMELIA SHALEHA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy