//

OPTIMISASI RANCANGAN PLTS TERPUSAT MANDIRI MENGGUNAKAN METODE NUMERIK BERDASARKAN LOST OF LOAD PROBABILITY DAN ANNUAL TOTAL LIFE CYCLE COST

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ILYAS - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penentuan rancangan kapasitas optimal Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpusat mandiri merupakan hal penting dalam rangka penyediaan energi listrik pada daerah terpencil di Aceh berbasis energi baru terbarukan. Pada saat ini, perencanaan kapasitas PLTS terpusat mandiri belum optimal disebabkan rancangan yang direncanakan menggunakan metode intuitif serta kurang memperhitungkan kondisi fluktuasi radiasi matahari, suhu lingkungan dan kebutuhan beban. Kondisi ini dapat menyebabkan daya keluaran sistem tidak mencukupi atau melebihi dari kebutuhan beban serta biaya yang mahal. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan rancangan optimal jumlah modul surya dan baterai pada suatu instalasi sistem PLTS terpusat mandiri menggunakan metode numerik. Data yang digunakan berupa fluktuasi dari kebutuhan beban, radiasi matahari dan suhu lingkungan per jam selama satu tahun. Berdasarkan hasil penelitian, jumlah modul surya dan baterai yang paling optimal, yaitu 600 unit (150 kW) dan 129 unit (258 kWh). Lost of Load Probability (LLP) 0,01, hal ini menunjukkan penyediaan energi listrik oleh sistem PLTS terpusat mandiri mencapai 99%. Annual Total Life Cycle Cost (ATLCC) Rp. 1.241.121.000 per tahun. Hasil rancangan sistem menggunakan metode numerik lebih optimal dan murah jika dibandingkan menggunakan metode intuitif. Nilai ATLCC pada metode numerik hanya 41,8% dari nilai ATLCC metode intuitif yang mencapai Rp 2.969.036.000 per tahun untuk penyediaan energi listrik 99,9%. Kata Kunci PLTS terpusat Mandiri, Optimisasi, Metode Numerik, LLP, ATLCC

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA MANDIRI UNTUK RUMAH SEDERHANA (BRYAN SANDHITO, 2019)

ANALISIS RANCANGAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS)OFF-GRID TERPUSAT DUSUN KETUBONG TUNONG KRCAMATAN SEUNAGAN TIMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (Zikra Latasya, 2019)

LIFE CYCLE COST ANALYSIS PENANGANAN PERKERASAN LENTUR DENGAN PERKERASAN KAKU PADA TEROWONGAN GEURUTEE (M. AKMAL, 2019)

DESAIN CHARGE AND DISCHARGE BATTERY CONTROLLER PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS) (Rahmat Prayudi, 2016)

ANALISIS TARIF PESAWAT BERDASARKAN TOTAL OPERATING COST, ABILITY TO PAY DAN WILLINGNESS TO PAY RUTE BANDA ACEH JAKARTA (SITI NADYA PUTRI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy