//

PENGGUNAAN BIG BOOK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DI SD NEGERI 51 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD AULIA NUR - Personal Name
SubjectREADING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nur, Aulia, Muhammad. 2019. Penggunaan Big Book dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di SD Negeri 51 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Adnan, M. Pd (2) Drs. M. Yamin, M.Ed Kata Kunci: Big Book, Membaca Permulaan. Rendahnya keterampilan membaca kelas 1 harus diatasi agar siswa tidak mengalami kesulitan dalam hal membaca. Peneliti dan guru perlu melakukan tindakan yang dapat dijadikan solusi untuk mengatasi permasalahan. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan membaca dengan menggunakan media Big Book. Pada saat melaksanakan belajar mengajar membaca di kelas I guru cenderung memberi contoh kalimat di papan tulis dan siswa membaca dengan suara nyaring mengikuti guru. Sehingga dalam target kurikulum membaca permulaan, banyak siswa yang masih kurang benar dalam membaca. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) bagaimana proses penggunaaan bigbook dalam pembelajaran membaca permulaan di SDN 51 Banda Aceh? dan (2) bagaimana hasil pembelajaran dengan menggunakan Big Book di SDN 51 Banda Aceh? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses penggunaan Big Book dalam pembelajaran membaca permulaan di SDN 51 Banda Aceh (2) untuk mengetahui bagaimana hasil pembelajaran dengan menggunakan Big Book di SDN 51 Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini 28 orang siswa kelas 1. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat lebih baik. Pada saat pre tes siswa mendapatkan nilai yang belum maksimal, akan tetapi setelah diajarkan dnegan menggunakn media Big Book, hasil belajar siswa meningkat lebih baik. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata pada saat Pre test sebesar 71,79. Sedangkan pada saat post tes meningkat menjadi 79,28. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Big Book berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa di SDN 51 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK PADA SISWA KELAS I SDN LAMLHOM ACEH BESAR (RIZKI AMANDA, 2018)

PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK PADA PELAKSANAAN MEMBACA SISWA KELAS II DI SD NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (RAHMAWATI, 2018)

PERBEDAAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DAN TIDAK MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SD NEGERI LAMREUNG ACEH BESAR (Susi Susanti, 2018)

KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI 1 SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Siti Aminah, 2018)

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA DI KELAS AWAL MIN ULEE KARENG BANDA ACEH (vera rahmadani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy