//

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR BAGI SISWA KELAS IV SDN UNGGUL LAMPENEURUT ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang TUTIA FITRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Fitri, Tutia. 2019. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Bagi Siswa Kelas IV SDN Unggul Lampeneurut Aceh Besar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Fauzi, M.Pd (2) Drs. M. Husin, M.Pd Kata Kunci : Model Discovery Learning, Hasil belajar, Keliling dan Luas Bangun Datar Materi keliling dan luas bangun datar merupakan materi di sekolah dasar yang sangat penting karena merupakan dasar dalam belajar matematika lebih lanjut. Oleh karena itu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika, salah satunya adalah dengan Penerapan Model Discovery Learning. Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Bagi Siswa Kelas IV SDN Unggul Lampeneurut Aceh Besar”. Peneliti menetapkan masalah, apakah pembelajaran dengan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi keliling dan luas bangun datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada materi keliling dan luas bangun datar dengan penerapan model discovery learning. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Unggul Lampeneurut Aceh Besar yang berjumlah 31 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian menunjukkan peningkatan. Hal ini dapat dilihat (a). Hasil nilai rata-rata aktivitas guru pada siklus I yaitu 4,27 berada pada kategori baik dan siklus II yaitu 4,81 pada kategori sangat baik. (b). Hasil nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 3,18 berada pada kategori cukup dan pada siklus II 4,72 pada kategori sangat baik. (c) Hasil belajar siswa siklus I nilai rata-rata 68,38 dengan persentase ketuntasan klasikal 48,38% dan pada siklus II nilai rata-rata 92,58 dengan persentase ketuntasan klasikal 87,09%. Dapat disimpulkan penerapan model discovery learning dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada materi keliling dan luas bangun datar bagi siswa kelas IV SDN Unggul Lampeneurut Aceh Besar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN LHOKSEUMULU ACEH BESAR (NUZUL KURYANI, 2014)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENEREPAN METODE DISCOVERY PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS III SD NEGERI 50 BANDA ACEH (Nurullita, 2014)

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS V SD NEGERI GAROT ACEH BESAR (Yuni Yanti, 2015)

PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING PADARNMATERI LUAS BANGUN DATAR DI KELAS VRNSDN LHOKSEUMULU ACEH BESAR (EKASARI, 2014)

PEMBELAJARAN KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR RNMENGGUNAKAN MEDIA KIT MATEMATIKA RNDI KELAS III A SEKOLAH DASAR RNNEGERI 16 BANDA ACEH (Nurhanif, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy