//

PERBANDINGAN ANTARA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG MENGIKUTI DENGAN YANG TIDAK MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DI KELAS IV SD NEGERI 29 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Desi Firdayanti - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
TEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSRAK Firdayanti, Desi. 2019. Perbandingan Antara Hasil Belajar Matematika Siswa yang Mengikuti dengan yang Tidak Mengikuti Bimbingan Belajar Di Kelas IV SD Negeri 29 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1) Dra. Monawati, M.Pd (2) Dra. Nurhaidah, M.Pd Kata Kunci: perbandingan, hasil belajar matematika, bimbingan belajar Siswa SD Negeri 29 Banda Aceh ada yang mengikuti dan tidak mengikuti bimbingan belajar. perbedaan ini diperkirakan akan mempengaruhi hasil belajar matematika. Hasil belajar adalah perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah mengalami kegiatan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti dengan yang tidak mengikuti bimbingan belajar di kelas IV SD Negeri 29 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling yaitu seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 63 siswa yang terdiri dari 33 orang siswa yang mengikuti bimbingan belajar dan 30 orang siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar. teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes soal berjumlah 25 soal (15 soal pilihan ganda, 7 soal isian dan 3 soal essay) berupa soal-soal Penilaian Tengah Semester (PTS). Analisis data dengan menggunakan uji-t dua pihak. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis, maka diperoleh thitung = 2,056 dan ttabel = 1,999 dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 61. Oleh karena itu, diperoleh thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti dengan yang tidak mengikuti bimbingan belajar matematika.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA YANG MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DENGAN YANG TIDAK MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (SUATU PENELITIAN KUANTITATIF DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH) (RIFQIL FUAD, 2016)

“PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJARRNDENGAN YANG TIDAK MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR (LES) PADA MATA PELAJARANRNIPS DI KELAS IV GUGUS LANGSAT BANDA ACEH” (maisyarah, 2014)

PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Novita Sari, 2013)

PEMBELAJARAN GEOMETRI MELALUI CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) BERBASIS ETNOMATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BLANGKEJEREN (Jumratul Sakdiah, 2019)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNDTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP N 1 PULO ACEH (Fatimah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy