//

KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL PROBLEM SOLVING PADA MATERI KPK DAN FPB DI KELAS IV SDN 22 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mila Siarama - Personal Name
SubjectLEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
MOTIVATION -EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Siarama, Mila. 2019. Kemampuan Siswa Menyelesaiakan Soal Problem Solving Pada Materi KPK dan FPB di Kelas IV SD Negeri 22 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Fauzi, M.Pd (2) Mislinawati, S.Pd.I,M.Pd Kata Kunci: kemampuan, problem solving, KPK dan FPB Berdasarkan pengamatan dan kajian awal buku siswa kelas IV SD kurikulum 2013 pada kegiatan magang II di SD Negeri 22 Banda Aceh pada bulan November 2017, terdapat soal KPK dan FPB dalam bentuk pemecahan masalah, hasil wawancara peneliti dengan guru wali kelas IV-c terungkap bahwa pada materi KPK dan FPB masih ada siswa yang kurang mampu dalam memahami soal pemecahan masalah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan siswa menyelesaikan soal problem solving pada materi KPK dan FPB di Kelas IV-c SD Negeri 22 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menyelesaikan soal problem solving pada materi KPK dan FPB di kelas IV-c SD Negeri 22 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 22 Banda Aceh dengan subjek penelitian sebanyak 28 orang siswa, yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes serta kegiatan wawancara. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan rumus persentase, rumus tersebut digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas IV-c dalam menyelesaikan soal problem solving. Berdasarkan persentase jumlah peserta didik yang memperoleh nilai pada kategori sangat baik terdapat 1 orang (3,6%), pada kategori baik sebanyak 12 orang (42,9%), yang berada pada kategori cukup 9 orang (32,1%), yang berada pada kategori kurang terdapat 2 orang (7,1%), dan yang berada pada kategori gagal terdapat 4 orang (14,3%). Dari hasil yang diperoleh tersebut berdasarkan nilai rata-rata dan persentase berdasarkan nilai KKM sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas IV-c di SD Negeri 22 Banda Aceh dalam menyelesaikan soal problem solving berada pada kategori cukup. Disarankan guru hendaknya lebih sering lagi memberikan siswa soal problem solving, agar siswa bisa memanfaatkan pelajaran matematika khususnya dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi sehari-hari.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SETARA PISA YANG BERBENTUK PROBLEM SOLVING PADA KELAS VIII SMP TEUKU NYAK ARIF FATIH BILLINGUAL SCHOOL BANDA ACEH ZAINABAR (Zainabar, 2014)

PENGEMBANGAN SOAL KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SETARA PISA DENGAN KONTEKS ACEH (Aulia Maqshum, 2018)

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL MELALUI PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DI KELAS VII (RIZQA PUTRI, 2018)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Lia Fitria, 2017)

PERKEMBANGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Hesti Arianti, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy