//

STUDI KASUS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI POSO NOMOR: 79/PID.B/2018/PN.PSO TENTANG TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hutari Nadhira - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hutari Nadhira STUDI KASUS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI POSO NOMOR 79/PID.B/2018/PN.PSO TENTANG TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN 2019 Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (v,57), pp., bibl.,app. Nurhafifah, S.H., M.Hum. Pada kasus ini, terdakwa Muhtar I. Saenda alias Taro diduga bersalah melakukan tindak pidana penganiayaan dan diancam pidana dengan dakwaan Primair Pasal 351 ayat (2) KUHP, dan Subsidair Pasal 351 ayat (1) yang termuat dalam surat dakwaan. Kemudian terdakwa telah terbukti melanggar Pasal 351 ayat (1) KUHP dan dijatuhi hukuman selama 2 (dua) tahun dan 6 (enam) bulan. Permasalahan yang didapat yaitu ketidaktelitian penuntut umum dalam membuat surat dakwaan dan dalam menetapkan pasal yang didakwakan, serta hakim kurang cermat dalam memperhatikan fakta-fakta persidangan. Seharusnya penuntut umum harus membuat surat dakwaan dengan cermat, jelas, dan lengkap. Kemudian terdapat unsur direncanakan yang seharusnya diperhatikan dan dimasukkan kedalam surat dakwaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tindakan penuntut umum yang tidak teliti dalam membuat surat d akwaan, serta kurang tepat dalam menetapkan pasal yang didakwakan, dan tindakan hakim yang tidak memperhatikan fakta- fakta persidangan yang diperoleh berdasarkan keterangan saksi. Penelitian ini bersifat studi kasus apabila dilihat dari tujuannya termasuk dalam bagian penelitian normatif (normative legal research). Data yang digunakan melalui studi kasus kepustakaan guna memperoleh data sekunder yaitu melalui serangkaian kegiatan membaca, mengutip, dan menelaah Peraturan Perundang-undangan yang berkaitan dengan objek penelitian. Sedangkan alat penelitian yang digunakan adalah studi dokumen berupa Putusan Pengadilan Negeri Poso Nomor. 79/Pid.B/2018/PN.Pso selaku putusan pengadilan yang berkaitan dengan kasus yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penuntut umum yang tidak teliti dalam membuat surat dakwaan sehingga surat dakwaan dapat dinyatakan batal demi hukum, serta tidak cermat dalam menetapkan pasal yang didakwakan yang mana tepatnya Pasal 353 ayat (1) KUHP, dan hakim yang tidak cermat dalam memperhatikan fakta-fakta persidangan yaitu: adanya fakta bahwa terdakwa merencanakan penganiayaan ini terlebih dahulu, terdakwa menerobos masuk secara paksa rumah korban, dan terdakwa pernah dihukum sebelumnya. Diharapkan bagi Kejaksaan Republik Indonesia untuk melakukan pelatihan dan workshop pembuatan surat dakwaan, dan focus group discussion membahas kasus rumit. Kemudian Pengadilan Negeri Poso untuk tidak merekomendasikan tindakan “copy-paste” dan lebih memantau petugas dalam mengunggah putusan ke Direktori Putusan. Serta majelis hakim untuk meninjau kembali kasus-kasus yang pernah ada dan mengamati fakta-fakta persidangan didalamnya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI KASUS TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN NEGERI JANTHO NOMOR : 229/PID.B/2013/PN-JTH TENTANG TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG (ernifa, 2014)

STUDI KASUS TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN NEGERI POSO RNNOMOR: 91/PID.SUS/2011/PN.PSO RNTENTANG TINDAK PIDANA KORUPSI (Cut Rizky Febrina, 2015)

PENERAPAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2012 TENTANG SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK (STUDI KASUS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI ANDOOLO NOMOR 36/PID.SUS/2015/PN.ADL) (KHAIRIL ANWAR R, 2019)

TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN DAN UPAYA PENANGGULANGAN BERDASARKAN STATISTIK KRIMINALTAHUN 2015-2017 (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUMPENGADILAN NEGERI BANDA ACEH) (THALIANA HANASMORO, 2019)

STUDI KASUS TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN NEGERI JANTHO NOMOR : 22/PID.AN/2012/PN-JTH TENTANG ANAK PELAKU TINDAK PIDANA YANG BERSAMA-SAMA MELAKUKAN TINDAK PENYANIAYAAN TERHADAP ANAK YANG MENGAKIBATKAN KEMATIAN (NURKHAIRINA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy