//

KENDALA GURU DALAM MEMBERIKAN PENILAIAN KETERAMPILAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 69 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang TEUKU MUAMMAR ARSYI - Personal Name
SubjectTEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Arsyi, Teuku Muammar 2019. Kendala Guru dalam Memberikan Penilaian Keterampilan Berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 69 Banda Aceh, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1) Dra. Alfiati Syafrina, M. Pd., (2) Drs. Fauzi. M. Pd. Kata Kunci: Kendala Guru, Penilaian Keterampilan, Dalam kurikulum 2013 terdapat penilaian auntentik yang mencangkup tiga ranah domain atau aspek yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Penekanan penilaian menyeluruh terhadap ketiga aspek memberikan perubahan besar dibandingkan kurikulum sebelumnya. Penelitian ini berupaya mengungkapkan kendala guru dalam memberikan penilaian keterampilan berdasarkan kurikulum 2013 di SD Negeri 69 Banda Aceh. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala guru dalam memberikan penilaian keterampilan berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 69 Banda Aceh. Subjek penelitian sebanyak 4 orang guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Seluruh data yang terkumpul diolah dengan tahapan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala guru dalam memberikan penilaian keterampilan berdasarkan kurikulum 2013 di SD Negeri 69 Banda Aceh adalah keterbatasan waktu, karena terlalu banyak rubrik untuk diisi. Kendala lainnya yaitu indikator berbeda-beda yang sesuai dengan pokok pembahasan pembelajaran dan guru mengalami kesulitan menilai yang tepat ke dalam rubrik penilaian. Upaya yang sedang dilakukan guru saat ini melalui diskusi dengan teman sejawat pada waktu senggang di sekolah maupun di SD Gugus Darussalam dan juga pada saat guru mengikuti KKG (kelompok kerja guru) di hari yang sudah ditentukan. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa kendala yang dihadapi guru dalam memberikan penilaian keterampilan berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 69 Banda Aceh yaitu keterbatasan waktu, terlalu banyak rubrik, indikator yang berbeda-beda sesuai dengan pokok pembahasan dan guru mengalami kesulitan saat menilai ke dalam rubrik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KENDALA GURU DALAM MENERAPKAN PENILAIAN PADA PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 22 BANDA ACEH. (Dian Julianti, 2017)

KENDALA GURU MATEMATIKA TERHADAP PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI KOTA MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (FATMA ELIZA NASUTION, 2015)

KENDALA GURU DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN PORTOFOLIO PADA KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 69 BANDA ACEH (Nisrina, 2017)

KENDALA GURU DALAM MEMBERIKAN PENILAIAN TERHADAP SIKAP SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 14 BANDA ACEH (Yuni Zuhera, 2016)

KENDALA GURU DALAM PENGISIAN RAPOR KURIKULUM 2013 GUGUS 23 SD NEGERI 1 LAMBHEU ACEH BESAR (Wan Reni Eka Fitri, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy