//

EVALUASI RASIONALITAS PENGGUNAAN ANTIBIOTIK DI RUANG RAWAT INAP ANAK RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN DENGAN KATEGORI GYSSENS TAHUN 2018

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RISQULLAH - Personal Name
SubjectANTIBIOTICS
BACTERIA
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penggunaan antibiotik yang tidak rasional dapat menyebabkan terjadinya resistensi mikroorganisme terhadap antibiotik. Salah satu cara untuk mengurangi kejadian resistensi antibiotik adalah dengan melakukan evaluasi penggunaan antibiotik menggunakan kategori Gyssens sehingga dapat diketahui gambaran penggunaan antibiotik digunakan secara rasional atau irasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran rasionalitas penggunaan antibiotik di Ruang Rawat Inap Anak Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh tahun 2018. Penelitian ini adalah deskriptif observasional dengan desain cross sectional. Pada penelitian ini didapatkan 130 sampel yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan antibiotik tanpa indikasi sebesar 13,6%, penggunaan antibiotik yang kurang efektif sebesar 47,8%, penggunaan antibiotik dengan harga yang lebih mahal sebesar 0,5%, penggunaan antibiotik dengan spektrum terlalu luas sebesar 3,8%, penggunaan antibiotik dengan waktu yang terlalu singkat sebesar 9,8% dan penggunaan antibiotik dengan interval yang tidak tepat sebesar 0,5%. Sedangkan penggunaan antibiotik yang rasional hanya sebesar 23,9%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan antibiotik di Ruang Rawat Inap Anak Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh masih kurang rasional. Kata Kunci: Antibiotik, Anak, Rasionalitas, Gyssens

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUSI RASIONALITAS PENGGUNAAN ANTIBIOTIK DI RUANG RAWAT INAP OBGYN RSUDZA BANDA ACEH DENGAN KATEGORI GYSSENS TAHUN 2018 (Yolanda, 2019)

EVALUASI PENGGUNAAN ANTIBIOTIK MENGGUNAKAN METODE GYSSENS PADA PASEIN INFEKSI ULKUS KAKI DIABETIK DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (DESI JANNATI, 2018)

GAMBARAN PROSES PENGEMBANGAN STAF PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Khairatul Uli, 2018)

STUDI KOMPARATIF PEMENUHAN SPIRITUAL PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM PRIA DAN WANITA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RIZATUL HUSNA, 2015)

GAMBARAN BEBAN KERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP JEUMPA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Dewi Susanti, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy