//

PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN KE 2 KELAS III SD NEGERI 26 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nia Sabrina - Personal Name
SubjectMOTIVATION - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sabrina, Nia. 2019. Penggunaan Media Puzzle Terhadap motivasi Belajar Peserta didik Pada Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran Ke 2 Kelas III SD Negeri 26 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Israwati, M.Si (2) Dra. Rosma Elly, M.Pd Kata Kunci: Media Puzzle, Motivasi Belajar Penggunaan media puzzle dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Dengan media puzzle ini peserta didik lebih bersemangat untuk belajar didalam kelas. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 26 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan media puzzle terhadap motivasi belajar peserta didik pada tema 6 subtema 2 pembelajaran ke 2, (2) untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru dalam menggunakan media puzzle terhadap motivasi belajar peserta didik pada tema 6 subtema 2 pembelajaran ke 2 kelas III SD Negeri 26 Banda Aceh. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 26 Banda Aceh yang berjumlah 32 orang siswa, laki-laki 13 siswa dan perempuan 19 siswa. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sehingga hasilnya nanti dapat dilihat dari motivasi bel ajar setiap peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara, kemudian data tersebut dinarasikan. Dari serangkaian proses penelitian yang dilakukan dan hasil observasi menunjukkan bahwa guru memberikan arahan atau dorongan kepada peserta didik saat proses belajar mengajar berlangsung. Guru juga memberikan pujian dan hadiah kepada peserta didik yang aktif di dalam kelas. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh bahwa guru tidak mengalami kendala saat proses penyusunan puzzle yang dilakukan oleh peserta didik, karena peserta didik sangat bersemangat saat penyusunan puzzle dan suasana kelas menjadi aktif sehingga peserta didik sangat termotivasi dengan guru menggunakan media puzzle ini ketika proses belaja r mengajar itu berlangsung didalam kelas. Ada beberapa peserta didik yang belum termotivasi dengan menggunakan media puzzle dalam proses belajar mengajar pada pembelajaran ini, sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan lancar karena peserta didik yang belum termotivasi tidak menggagu teman yang sedang belajar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA KONSEP SISTEM GERAK PADA MANUSIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA SMA NEGERI 1 PEUKAN BARO KABUPATEN PIDIE (Fauzan, 2018)

PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Nazlina, 2013)

PENGARUH MEDIA PREZI TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (OCEAN APRILLIA, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JAMUR DI SMA NEGERI 3 MEDAN (Salmaniah, 2016)

KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUM SUBTEMA 1 KELAS IV SD NEGERI 51 BANDA ACEH. (Warzatun Riza, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy