//

IMPELEMENTASI BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 7 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irma Nusa Amanda - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
PHYSICS - TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : Implementasi, Belajar Tuntas (Mastery Learning), Hasil Belajar Belajar tuntas adalah strategi pembelajaran yang dapat dilaksanakan didalam kelas, dengan asumsi bahwa di dalam kondisi yang tepat semua siswa akan mampu belajar dengan baik dan memperoleh hasil belajar secara maksimal terhadap seluruh bahan yang dipelajari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas guru dan siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa pada penerapan pembelajaran model belajar tuntas (mastery learning)? Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa pada penerapan pembelajaran model belajar tuntas (mastery learning), (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa, (3) untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IA2 yang berjumlah 28 orang sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan penerapan model belajar tuntas (mastery learning) pada materi Termodinamika di SMA Negeri 7 Banda Aceh. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, tes tertulis yang berbentuk objektif dan lembar respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada peningkatan aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model belajar tuntas (mastery learning). (2) Ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model belajar tuntas (mastery learning) lebih baik secara individual maupun klasikal. Untuk ketuntasan individual dari 83,3% pada siklus I dan II dan menjadi 100% pada siklus III. Untuk ketuntasan klasikal dari 96,4% pada siklus I menjadi 92,9% pada siklus II dan menjadi 100% pada siklus III. (3) Respon yang diberikan siswa SMA Negeri 7 Banda Aceh terhadap kegiatan belajar mengajar dengan menerapkan model belajar tuntas (mastery learning) pada materi termodinamika bersifat positif. Ini menunjukkan bahwa siswa senang, tertarik, dan berminat terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Siswa juga mengerti jelas atas bimbingan yang diberikan oleh guru dan model belajar tuntas (mastery learning) dapat dilaksanakan untuk pembelajaran dimasa yang akan datang.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPELEMENTASI BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Irma Nusa Amanda, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNDTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP N 1 PULO ACEH (Fatimah, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Siti Ardila Rigusti, 2014)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE MASTERY LEARNING (BELAJAR TUNTAS) SISWA KELAS XI MAN 3 BANDA ACEH (Faisal Syahputra, 2016)

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy