//

GAMBARAN STATUS PSIKOLOGIS SANTRIWAN DAN SANTRIWATI PASKA BENCANA GEMPA BUMI DI PESANTREN SAMALANGA TAHUN 2019

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nelly Widiawaty - Personal Name
SubjectDISASTERS - SOCIAL SERVICES
DEPRESSIONS (PHYSIOGRAPHY)
TRAUMA CENTERS
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keperawatan universitas syiah kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Gempa bumi merupakan bencana alam yang dapat mengakibatkan masalah kesehatan. Masalah kesehatan yang perlu diperhatikan selain masalah fisik adalah terkait dengan masalah psikologis. Dimana pada kejadian bencana tentu akan mengakibatkan trauma tersendiri kepada para korban. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran status psikologis santriwan dan santriwati paska bencana gempa bumi dipesantren Samalanga. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif dengan cara Cross Sectional Study. Populasi pada penelitian ini adalah santriwan dan santriwati dipesantren Samalanga Kabupaten Bireuen. Sampel pada penelitian ini berjumlah 301 responden yang didapatkan dengan metode Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pembagian kuesioner kepada responden yang terdiri dari 22 pertanyaan. Metode analisis data menggunakan analisa univariat. Hasil penelitian menunjukkan status psikologis santriwan dan santriwati berada pada kategori berat yaitu 153 orang (50.8 %). Saran bagi peneliti agar dapat memberikan penanganan terhadap trauma psikologis yang dialami oleh korban. Kata Kunci : gempa bumi, status psikologis, santriwan dan santriwati

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN RESILIENSI PADA REMAJA PASKA BENCANA GEMPA BUMI DI PESANTREN SAMALANGA (Khalid Aqmal, 2019)

STUDI KOMPARATIF KESEHATAN FISIK SANTRIWAN DAN SANTRIWATI DI PESANTREN RUHUL ISLAM ANAK BANGSA ACEH BESAR TAHUN 2012 (Risna Dewi, 2014)

TRAUMA PSIKOLOGIS DAN DEPRESI PADA KEJADIAN BENCANA BERULANG PASCA TSUNAMI DI ACEH (STUDI KASUS GEMPA BUMI 26 DESEMBER 2004 DAN 11 APRIL 2012) (ELVI SURYANA, 2018)

PROFIL ANAK YANG MENGALAMI TRAUMA AKIBAT GEMPA BUMIRNDI SD NEGERI BEBESEN, ACEH TENGAH (Masjulitasari, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP BENCANA DAN KETERAMPILAN BASIC LIFE SUPPORT DENGAN KESIAPSIAG AAN BENCANA GEMPA BUMI PADA MAHASISWA KEPERAWATAN POLTEKKES BANDA ACEH (Budimanto, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy