//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 1 MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syarifah Melda Selvia - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Melda, Syarifah. 2019. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Example Non Example Dengan Tipe Index Card Match Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA Negeri 1 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat, Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. H. Abdul Wahab Abdi, M. Si. (2) H. Daska Azis, S.Pd, MA. Kata Kunci: perbandingan, hasil belajar, geografi, Example Non Example, Index Card Match Judul penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example dengan Index Card Match Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA Negeri 1 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Koperatif Tipe Example Non Example lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Index Card Match pada mata pelajaran geografi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example lebih baik daripada Tipe Index Card Match pada mata pelajaran geografi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Example Non Example lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran koperatif tipe Index Card Match. Penelitian ini menggunakan pedekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Meulaboh yang berjumlah 71 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, diambil dua kelas yaitu XI-I sebanyak 22 siswa dan kelas XI-II sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data dengan memberikan tes kepada peserta didik, yaitu pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif. Teknik pengolahan data menggunakan uji rumus uji t, diperoleh nilai thitung = 6,29 > ttabel =1,68 pada taraf signifikasi 0,05 dengan dk = 41 berarti thitung > ttabel, sehingga Ha diterima. Simpulan penelitian ini adalah hasil belajar geografi siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match pada mata pelajaran geografi dengan materi mitigasi bencana alam pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Meulaboh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (mirna, 2013)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMAN 1 KOTA SABANG (nurmahalis, 2013)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS VIII-1 MTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Agustina, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA RNYANG MENGGUNAKAN MODEL MAKE-A MATCH DAN INDEX CARD MATCH DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (SYARIFAH MAWADDAH MISWAR, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DAN KONVENSIONAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (Nurafifah Mutia Sari, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy