//

HISTOLOGI DAN HISTOMORFOMETRI KULIT ULAR AIR PELANGI ( ENHYDRIS ENHYDRIS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang PUTRI RASYDU - Personal Name

Abstrak/Catatan

HISTOLOGI DAN HISTOMORFOMETRI KULIT ULAR AIR PELANGI (Enhydris enhydris) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui struktur histologi dan histomorfometri kulit ular air pelangi (Enhydris enhydris). Sampel yang digunakan adalah kulit ular bagian dorsal, ventral, lateral diamati dengan metode histologi eksplorasi dan histomorfometri diamati dengan menggunakan Toupview program. Pengamatan histologi dilakukan setelah pembuatan preparat histologi yang diwarnai dengan Hematoksilin-eosin (HE) dan Masson trichrome. Hasil penelitian menunjukkan struktur histologi kulit ular air pelangi terdiri atas dua lapisan yaitu epidermis dan dermis. Epidermis tersusun atas lapisan Oberhautchen, lapisan β-keratin, lapisan mesos, dan lapisan α-keratin. Dermis terdiri atas lapisan terluar disebut stratum laxum (stratum spongiosum) dan lapisan dalam disebut stratum compactum. Hasil pengukuran ketebalan lapisan epidermis dan dermis pada bagian dorsal, abdomen dan lateral diperoleh hasil bahwa epidermis pada bagian dorsal memiliki ketebalan 31,85±13,65µm, bagian ventral 46,66±6,54 µm, dan pada bagian lateral 43,33±14,99 µm. Hasil pengukuran lapisan dermis pada bagian dorsal memiliki ketebalan 248,33±15,69 µm, bagian ventral 272,59±20,97 µm, dan bagian lateral 244,44±26,59 µm. Secara histologi tidak terdapat perbedaan antara struktur kulit ular air pelangi dengan kulit ular lainnya. Pada kulit ular air pelangi tidak ditemukan lapisan lacunar dan lapisan bening di bagian epidermis. Secara histomorfometri terdapat perbedaan ketebalan lapisan epidermis dan dermis pada bagian dorsal, ventral dan lateral. Kata kunci : Ular, reptil, kulit, histologi, histomorfometri,

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN HISTOLOGI SISTEM PENCERNAAN ULAR AIR (ENHYDRIS ENHYDRIS) (Lena Maulidar, 2019)

STRUKTUR HISTOLOGI DAN HISTOMORFOMETRI OVARIUM SAPI ACEH (JUANDA, 2019)

GAMBARAN HISTOLOGI DAN HISTOMORFOMETRI TESTIS KALKUN (MELEAGRIS GALLOPAVO) BERDASARKAN TINGKATAN UMUR (Nasya Nurma Zushita Firwan, 2019)

HISTOMORFOMETRI UTERUS SAPI ACEH YANG MENGALAMI REPEAT BREEDING (FIRSCHILIA NURUL S, 2018)

GAMBARAN HISTOLOGI DAN HISTOMORFOMETRI TESTIS SAPI ACEH (Ali Rahmatullah, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy