//

SURVEY PENGETAHUAN DAN SIKAP PETERNAK DALAM PENGGUNAAN SERTA RESISTENSI ANTIBIOTIK PADA AYAM BROILER DI KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Reka Fitria - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengetahuan dan sikap peternak terhadap penggunaan dan resistensi antibiotik pada ayam broiler di Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar. Populasi responden diperoleh dari perhitungan rumus slovin dengan 15 sampel peternak yang diwawancarai maka didapatkan hasil sebesar 14 sampel dengan margin of error 5%. Pengambilan data dilakukan setelah kuesioner dilakukan uji validasi dan reliabilitas kuesioner. Hasil uji validitas pengetahuan dan sikap peternak pada kuesioner, semua nilai r hasil ≥ 0,514 sehingga pertanyaan terkait tingkat pengetahuan dan sikap peternak terhadap penggunaan antibiotik dinyatakan baik (valid). Hasil uji reliabilitas pengetahuan dan sikap ≥ 0,60 sehingga kedua variabel dinyatakan reliable. Untuk pengujian selanjutnya digunakan uji T independen untuk mengetahui perbedaan mean pada dua kelompok data independen. Ada 5 karakteristik yang digunakan untuk mengukur pengaruh penggunaan antibiotik terhadap pengetahuan dan sikap peternak yaitu pendidikan, pengalaman beternak, umur, jenis kelamin dan jumlah ternak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengetahuan dan sikap dari 15 peternak/responden terhadap penggunaan dan resistensi antibiotik di Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar tergolong baik. Tingkat pendidikan dan lamanya pengalaman usaha peternak memberikan perbedaan sikap, akan tetapi tidak berbeda dengan tingkat pengetahuan. Sedangkan perbedaan jenis kelamin dan umur peternak serta besarnya skala usaha peternakan berdasarkan jumlah ayam broiler yang dipelihara tidak memberi perbedaan terhadap pengetahuan dan sikap peternak tentang penggunaan antibiotik pada ayam broiler. Kata Kunci : Sikap, pengetahuan, penggunaan antibiotik, resistensi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RESISTENSI ESCHERICHIA COLI TERHADAP ANTIBIOTIK DARI DAGING AYAM BROILER DI PASAR RUKOH (Akmal Mukti, 2017)

PENGUJIAN RESIDU ANTIBIOTIK PADA DAGING AYAM BROILER YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN (SWALAYAN) DI KOTA BANDA ACEH (Ovi Juliana, 2015)

DETEKSI RESIDU ANTIBIOTIK PADA DAGING AYAM BROILER DI BALAI VETERINER BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (NURUL HILDANI, 2019)

RESISTENSI STAPHYLOCOCCUS AUREUS PADA DAGING AYAM BROILER YANG DIJUAL DI PASAR ULEE KARENG BANDA ACEH TERHADAP ANTIBIOTIK (Suryani, 2018)

ANALISIS PELAKSANAAN KEMITRAAN DAN PENDAPATAN PETERNAK MITRA AYAM BROILER PADA PT ACEH UNGGGAS MANDIRI DI PEUKAN BILUY KECAMATAN DARUL KAMAL KABUPATEN ACEH BESAR (ERY ROVIANTO, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy