//

PERLINDUNGAN PASIEN TERHADAP HEALTH CARE ASSOCIATED INFECTIONS (HAIS) PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang VANESSA CAHAYANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Vanessa Cahayani, 2019 Rismawati, S.H., M.Hum. Pasal 4 huruf a Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen mengatur tentang hak konsumen atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang/jasa. Secara khusus, hak pasien sebagai konsumen jasa pelayanan kesehatan diatur dalam Pasal 32 huruf d Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit, yang mengatur setiap pasien mempunyai hak memperoleh layanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar profesi dan standar prosedur operasional. Namun, di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) perlindungan pasien terhadap Infeksi Terkait Pelayanan Kesehatan (Health Care Associated Infections/HAIs) masih terjadi tindakan yang dilakukan tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh rumah sakit. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk menjelaskan implementasi perlindungan pasien terhadap HAIs yang terjadi di RSUDZA dan faktor-faktor yang menyebabkan HAIs terhadap pasien di RSUDZA serta tindakan rumah sakit dalam melakukan pencegahan HAIs terhadap pasien di RSUDZA. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian yuridis empiris, suatu penelitian untuk menemukan teori-teori mengenai proses sebenarnya bekerjanya hukum dalam masyarakat, yaitu melakukan penelitian menggunakan pendekatan penelitian lapangan (field research) dan kepustakaan (library research). Penelitian lapangan dilakukan guna memperoleh data primer yang dilakukan melalui wawancara dengan responden dan informan sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa perlindungan terhadap pasien sebagai konsumen kesehatan masih belum maksimal walaupun sudah diatur tindakan yang seharusnya dilakukan melalui SOP rumah sakit, karena masih terdapat insiden HAIs di RSUDZA. Faktor-faktor yang menyebabkan pasien terkena HAIs, yaitu akibat lingkungan rumah sakit, penanganan dari tenaga kesehatan maupun keadaan pasien itu sendiri. Tindakan rumah sakit dalam melakukan pencegahan HAIs, yaitu melakukan tindakan sesuai aturan dan langkah-langkah yang telah ditetapkan dan selalu mengedukasi pasien, keluarga pasien serta tenaga kesehatan untuk selalu menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan untuk meminimalkan tertularnya infeksi. Disarankan kepada konsumen agar lebih berperan aktif ketika melakukan pengobatan di rumah sakit dalam menanyakan informasi mengenai kondisinya. Kepada tenaga kesehatan agar memberikan informasi mengenai kondisi yang dialami pasien dan lebih memperhatikan lagi SOP sesuai yang telah ditetapkan dalam melakukan tindakan terhadap pasien. Kepada rumah sakit dan pemerintah agar lebih tegas dalam melakukan pembinaan dan pengawasan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN TAHUN 1979-2016 (Fitriana Dewinta, 2017)

HUBUNGAN FUNGSI PENGARAHAN KEPALA RUANG DENGAN PELAKSANAAN PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN INFEKSI SALURAN KEMIH AKIBAT KATETERISASI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Firia Nurlinda, 2018)

STUDI KOMPARATIF PEMENUHAN SPIRITUAL PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM PRIA DAN WANITA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RIZATUL HUSNA, 2015)

PENGARUH EMOSIONAL PEKERJA TERHADAP KINERJA; PENYAMPAIAN AFEKTIF SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI PADA PERAWAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (YUNI ANANDA ZULFIDA, 2016)

HUBUNGAN KUALITAS HIDUP PASIEN STROKE DENGAN PERAWATAN DIRI (SELF CARE) DI POLIKLINIK SARAF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (DESI ISMAYANTI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy