//

HUBUNGAN SELF MANAGEMENT DENGAN GLUKOSA DARAH SEWAKTU PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Najwa Adila Zuqni - Personal Name
SubjectDIABETES MELLITUS
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keperawatan universitas syiah kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Diabetes melitus tipe II menjadi masalah kesehatan global saat ini, manajemen yang kurang tepat pada pasien diabetes melitus tipe II dapat menyebabkan komplikasi bahkan kematian. Self management merupakan pengendalian diri yang dilakukan oleh pasien diabetes melitus mencakup diet, olahraga/aktivitas fisik, pengontrolan kadar gula darah dan penggunaan pelayanan kesehatan untuk mencapai kadar gula darah yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan self management dengan glukosa darah sewaktu pada pasien diabetes melitus tipe II. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif dengan desain cross-sectional. Populasi dari penelitian ini seluruh pasien diabetes melitus tipe II di Poliklinik Endokrin Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Sampel ditetapkan berdasarkan purposive sampling didapatkan 130 pasien. Alat pengumpulan data menggunakan Diabetes Self-Management Questionnaire (DSMQ). Data penelitian dianalisis menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian didapatkan 72,31% pasien memiliki self management cukup dan nilai kadar gula darah sewaktu pasien tidak terkontrol. Hasil nilai p-value 0,0001 (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG LATIHAN FISIK DENGAN MOTIVASI MELAKUKAN LATIHAN FISIK PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (zuhri ramadhan, 2015)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM RNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2012 (Nur Azmi, 2014)

GAMBARAN SEROSTOMIA PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (anggia geubrina, 2015)

PERBANDINGAN PH SALIVA PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 TERKONTROL DAN TIDAK TERKONTROL (STUDI PADA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (NELFIA YUNANDA, 2017)

GAMBARAN FAKTOR RISIKO DIABETES MELLITUS TIPE II PADA PASIEN POLI ENDOKRIN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Cut Maulida, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy