//

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN STEM MELALUI PJBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIZKI JULINA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Rizki Julina (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan STEM melalui PjBL untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial. STEM merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi tantangan abad-21. Salah satu subjek STEM adalah matematika. Penerapan STEM dapat berhasil jika didukung oleh salah satu model pembelajaran, yaitu model PjBL. Selain itu, ada unsur penting dalam keberhasilan STEM, yaitu mengembangkan atau meningkatkan kemampuan spasial. Perangkat pembelajaran STEM-PjBL untuk meningkatkan kemampuan spasial peserta didik belum tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran STEM-PjBL yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan spasial peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Plomp. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 2 Banda Aceh. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari RPP, LKP, LKPD, buku panduan belajar AutoCAD 2D, dan tes kemampuan spasial. Pengembangan perangkat pembelajaran ini terdiri dari tiga fase, yaitu preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar analisis, lembar validasi, lembar rekomendasi ahli dan guru, lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran, angket respon peserta didik, dan tes kemampuan spasial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria: 1) valid karena seluruh validator menyatakan bahwa perangkat pembelajaran telah layak digunakan; 2) praktis karena seluruh validator menyatakan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan mudah diterapkan di kelas dan tingkat keterlaksanaannya berada pada kategori baik; dan 3) efektif karena peserta didik memberikan respon positif dan hasil tes kemampuan spasial peserta didik mencapai ketuntasan. Dengan demikian, perangkat pembelajaran ini dapat diujicobakan pada skala yang lebih luas. Selain itu, guru dapat menerapkan STEM-PjBL pada materi lain yang sesuai dengan lebih menekankan pada salah satu atau beberapa subjek STEM yang lainnya seperti science, engineering, science dan engineering, technology dan engineering, engineering dan mathematics, dan sebagainya. Kata kunci: Kemampuan Spasial, Perangkat Pembelajaran, PjBL, STEM.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MELALUI ELPSA FRAMEWORK BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (LIZA RAHMAH, 2018)

KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS PROJECT BASED LEARNING (STEM-PJBL) DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (YULIA, 2018)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA GAYO DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA (ZUHRA RUHMI, 2019)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS SCIENCE, TECNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI HIDROLISIS GARAM (FITRI HANDAYANI, 2014)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ISLE-BASED STEM TOPIK BANDUL SEDERHANA SERTA KAJIAN PENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS X KODYA BANDA ACEH (EVI RAHMAYANI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy