//

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI GARAM DI KABUPATEN BIREUEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Odi Setiawan - Personal Name
SubjectSALT
FARMER
AGRICULTURAL-ECONOMIC ASPECIS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan petani garam di Kabupaten Bireuen, dimana variabel bebasnya terdiri dari variabel Biaya Produksi dan Harga Jual. Lokasi penelitian dilakukan di Kabupaten Bireuen pada tahun 2014. Data yang digunakan adalah data primer dengan metode wawancara menanyakan langsung daftar pertanyaan (kuisioner) kepada 73 responden petani garam yang terdapat di Kecamatan Jangka dan Kecamatan Jeunieb dikarenakan kedua Kecamatan tersebut merupakan sentra garam rakyat dan merupakan daerah dengan populasi petani garam terbanyak. Pendekatan Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model regresi linear berganda dengan ordinary least square (OLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial faktor biaya produksi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pendapatan petani garam di Kabupaten Bireuen, sedangkan faktor harga jual berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan petani garam di Kabupaten Bireuen. Sedangkan secara simultan variabel biaya produksi dan harga jual berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani garam. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan petani garam mampu meningkatkan pendapatan dengan cara meminimumkan biaya produksi dan diperlukan kebijakan pemerintah untuk mengendalikan harga garam di pasaran agar pendapatan petani garam dapat meningkat.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI BERTAHAN HIDUP (LIFE SURVIVAL) PETANI GARAM DI DESA TANOH ANOE KECAMATAN JANGKA KABUPATEN BIREUEN (M RAUZAN SABARA, 2016)

ANALISIS PENDAPATAN PETANI DAN MARGIN PEMASARAN GARAM DI DESA TANOH ANOE KECAMATAN JANGKA KABUPATEN BIREUEN (Safril, 2018)

ANALISIS PEMASARAN GARAM CAIR DAN GARAM KRISTAL (STUDI KASUS PADA CV. AQSA PRIMA KABUPATEN ACEH BESAR) (MUSLIADI, 2015)

MOTIVASI PETANI DALAM UPAYA PEMANFAATAN LAHAN TIDUR DI KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Putri Sakinah, 2017)

ANALISIS PENDAPATAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PETANI TERHADAP USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN MEUREUBO KABUPATEN ACEH BARAT (Lisa Oktaviani, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy