//

HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENCEGAHAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DENGAN PENDEKATAN TEORI LEININGER DI PUSKESMAS KUTA BARO ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sri Hariyani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Angka kejadian anemia defisiensi zat besi pada ibu hamil secara nasional masih tergolong tinggi. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya pencegahan, namun kondisi ini belum optimal. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi individu terhadap pola dan praktik kesehatan yang dihubungkan dengan teori Leininger. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi ibu hamil melalui pendekatan teori Leininger dengan pencegahan anemia defisiensi zat besi. Jenis penelitian ini yaitu descriptive correlative, dengan cross sectional study. Populasi pada penelitian terdiri dari 208 ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Kuta Baro dengan sampel penelitian 74 ibu hamil yang ditetapkan menggunakan metode simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terpimpin menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan uji chi-square. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa perilaku pencegahan anemia yang kurang baik sebanyak 56.8%. Ditemukan adanya hubungan antara faktor ekonomi (p-value 0.002), faktor pendidikan (p-value 0.000), faktor teknologi (p-value 0.003), faktor agama falsafah (p-value 0.000), faktor sosial keluarga (p-value 0.015), faktor kebijakan peraturan (p-value 0.000) dan faktor nilai budaya kepercayaan (p-value 0.001) dengan pencegahan anemia defisiensi zat besi pada ibu hamil. Diharapkan kepada pihak Puskesmas khususnya bidang Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) agar dapat memberikan promosi kesehatan terkait upaya pencegahan anemia dengan memodifikasi 7 faktor dari teori Leininger yang mempengaruhi ibu hamil.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN INTERNALISASI BUDAYA DENGAN KEJADIAN ANEMIA DEFISIENSI ZAT BESI PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ACEH BESAR (WILIZA UMAMI, 2018)

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREVALENSI ANEMIA DEFISIENSI ZAT BESI PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (DESY RAHMIYANTI, 2018)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KONSUMSI TABLET BESI PADA IBU HAMIL RNDI PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH (Chairunnisa, 2014)

HUBUNGAN FAKTOR PREDISPOSISI PERILAKU DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (SRI MAULIDA, 2018)

HUBUNGAN FAKTOR SOSIAL EKONOMI DAN POLA MAKAN DENGAN PREVALENSI ANEMIA DEFISIENSI ZAT BESI PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Khiyurul Laila, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy