//

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIZKI YANI SAFIRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Paradigma baru dalam dunia pendidikan mengakibatkan perubahan kurikulum dari Kurikulum Berbasis Isi menjadi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala merupakan salah satu Fakultas yang menerapkan KBK sejak tahun 2010 dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL). Salah satu masalah yang ada di Fakultas Keperawatan adalah belum terlaksananya PBL secara optimal. Terdapat tiga komponen penting untuk memastikan PBL berjalan optimal, yaitu institusi, dosen dan mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap proses pembelajaran PBL di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Jenis penelitian menggunakan deskriptif eksploratif. Populasi dan sampel dalam penelitian adalah mahasiswa Fakultas Keperawatan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah propotional stratified random sampling dengan sampel sebesar 84 responden. Alat pengumpulan data berupa kuesioner baku Course Experience Quetionnaire (CEQ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 65 mahasiswa (77,4%) memiliki persepsi netral. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tanggapan mahasiswa terhadap pelaksanaan PBL sudah baik, namun masih ada hal negatif yang mahasiswa rasakan dalam proses pembelajaran PBL, yaitu pada tujuan dan standar pembelajaran, beban tugas, prosedur penilaian, dan sumber belajar untuk. Direkomendasikan kepada Institusi untuk dapat memperjelas tujuan dan standar pembelajaran, mempertimbangkan beban tugas, prosedur penilaian, dan melengkapi sumber belajar untuk mengoptimalkan penerapan proses pembelajaran PBL. Kata Kunci : Persepsi, Mahasiswa, Problem Based Learning Daftar bacaan : 15 buku, 27 jurnal, 5 skripsi, 4 peraturan, 2 sumber online, 1 wawancara (2000-2019)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN STRATEGI KOPING DENGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG METODE PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (M RIJALUL FAKHRI, 2018)

GAMBARAN PROSES ADAPTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Habibi, 2017)

IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BANDA ACEH (Winda Handayani, 2018)

GAMBARAN PERSEPSI STAF PENGAJAR LABORATORIUM HISTOLOGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA TENTANG PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DALAM PRAKTIKUM (Ari Bandana Tasrif, 2015)

HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2013 (Arif Zailani Siregar, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy