//

UJI BAKTERIOLOGI MINUMAN AIR TEBU (SACCHARUM OFFICINARUM) DENGAN BIOINDIKATOR BAKTERI COLIFORM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Husna - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Husna, Nurul. 2019. Uji Bakteriologi Minuman Air Tebu (Saccharum officinarum) dengan Bioindikator Bakteri Coliform. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. (1) Iswadi, S.Pd., M.Si., (2) Dr. Mudatsir, M. Kes Kata Kunci: Uji Bakteriologi, Tebu, Bakteri Coliform Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas minuman air tebu berdasarkan uji Most Probable Number dan Total Plate Count. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala pada Bulan April 2019. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan metode Purposive Sampling, sedangkan metode pengujian dengan menggunakan Most Probable Number (MPN) dan Total Plate Count (TPC). Hasil uji MPN seluruh sampel minuman air tebu menunjukkan hasil positif mengandung bakteri Coliform, dengan hasil pewarnaan Gram dari semua sampel yang digunakan tergolong kedalam bakteri Gram negatif berbentuk batang, kemudian jumlah koloni bakteri tertinggi adalah 50,8 x 107 CFU, dan jumlah koloni paling sedikit adalah 3,6 x 107 CFU. Kesimpulan dari penelitian ini nilai MPN minuman air tebu yang menggunakan es dan tanpa es melebihi ambang batas yang ditentukan yaitu sebesar >1.100 koloni/mL, berdasarkan pemeriksaan TPC jumlah koloni bakteri tertinggi 50,8 x 107 CFU dan jumlah koloni terendah 3,6 x 107 CFU, sehingga kualitas minuman air tebu tersebut tidak memenuhi syarat untuk dikonsumsi.  

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KUALITAS TAHU BASAH BERDASARKAN BIOINDIKATOR KEBERADAAN BAKTERI COLIFORM DI KAWASAN KOTA BANDA ACEH (DIAN AFRIANI, 2018)

DAYA GUNA PUPUK CAIR AMPAS TEBU (SACCHARUM OFFICINARUM) TERHADAP PERBINTILAN DAN PERTUMBUHAN VEGETATIF KEDELAI (GLYCINE MAX (L) MERRILL) (Hilmawati Rizky, 2016)

PENGARUH LAMA PENYIMPANAN TERASI YANG DIPRODUKSI DI KOTA LANGSA TERHADAP JUMLAH BAKTERI COLIFORM (DI BAWAH BIMBINGAN DARMAWI DAN ZAKIAH HERYAWATI MANAF) (Machfud, 2014)

PENGARUH PENAMBAHAN AMPAS TEBU TERHADAP KUALITAS BIBIT DAN PRODUKSI JAMUR MERANG (muslim, 2015)

UJI MIKROBIOLOGIS MINUMAN PRODUK OLAHAN RUMAH TANGGA DI KOTA BANDA ACEH (Ika Mulyani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy