//

UPAYA PENERAPAN KETERAMPILAN VARIASI STIMULUS OLEH GURU DI SD NEGERI 22 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hamelia Zahroni - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Zahroni, Hamelia. 2019. Upaya Penerapan Keterampilan Variasi StimulusOleh Guru di SD Negeri 22 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Nurhaidah M. Insya Musa, M.Pd. (2) Drs. M. Husin, M.Pd. Kata Kunci:Upaya Penerapan, Keterampilan Variasi Stimulus Dalam pembelajaran, peran dan keterampilan seorang guru sangat penting dalam meningkatkan semangat dan motivasi peserta didik dalam belajar. Untuk menjadi seorang guru baik, ada beberapa hal yang harus dimiliki oleh guru, seperti cara atau upaya yang guru lakukan untuk meningkatkan pembelajaran peserta didik, disaat peserta didik merasa bosan dalam pembelajaran. Penelitian ini berupaya menggungkapkan bagaimana upaya penerapan keterampilan variasi stimulus oleh guru di SD Negeri 22 Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Upaya Penerapan Keterampilan Variasi Stimulus oleh Guru di SD Negeri 22 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan Oservasi dan Wawancara. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 orang guru kelas yang terdiri dari guru kelas I,II,III,IV,V,dan kelas VI di SD Negeri 22 Banda Aceh. Kemudian data yang diperoleh dari observasi dan wawancara diolah secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan keterampilan variasi stimulus yang dilakukan oleh guru di SD Negeri 22 Banda Aceh telah mencapai hasil baik. Sebagaimana hasil yang telah diketahui dari observasi bahwa upaya penerapan yang dilaksanakan oleh guru-guru tersebut sudah baik. Guru memenggunakn variasi dalam pembelajaran, baik variasi bertatap muka, media, alat peraga, dan variasi interaksi yang sesuai dengan keterampilan variasi. Keterampilan yang diterapkan oleh guru dalam mengajar telah memadai dan mendukung proses pembelajaran peserta didik di kelas. Dengan adanya penerapan keterampilan variasi, peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran baik dilakukan secara individu maupun kelompok. Peserta didik aktif dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran di kelas terasa menyenangkan dan tidak membosankan. Adapun tujuan mengapa guru perlu menerapkan ketarampilan variasi ini dalam pembelajaran adalah guna menciptakan susana pembelajaran yang menyengkan bagi peserta didik, agar peserta didik tekun, bergairah dan mendorong peserta didik aktif dalam belajar

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN KETERAMPILAN VARIASI STIMULUS DI SD NEGERI 71 BANDA ACEH (Aliffiani. Hs, 2017)

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)

KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN KETERAMPILAN VARIASI MENGAJAR DI SD NEGERI 2 MATA IE KABUPATEN ACEH BESAR (Suci Muliani, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (CUT PUTRI REZEKI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy