//

KESULITAN GURU DALAM MELAKSANAKAN KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN DI SD NEGERI 51 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SRI ROZALITA BR SITEPU - Personal Name
SubjectSCHOOL MANAGEMENT
TRAINING - EMPLOYEE EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sitepu, Sri Rozalita Br. 2019. Kesulitan Guru Dalam Melaksanakan Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran Di SD Negeri 51 Banda Aceh, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Nurhaidah M. Insya Musa, M.Pd. (2) Drs. M. Husin, M.Pd. Kata kunci : Kesulitan guru, Keterampilan, Membuka dan menutup pelajaran Keterampilan membuka adalah perbuatan guru untuk menciptakan siap mental dan menimbulkan perhatian anak didik agar terpusat pada yang akan dipelajari sedangkan keterampilan menutup pelajaran adalah kegiatan guru untuk mengakhiri pelajaran dengan mengemukakan kembali pokok pelajaran sehingga peserta didik memperoleh gambaran yang utuh tentang pokok-pokok materi dan hasil belajar yang telah dipelajari Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja kesulitan guru dalam melaksanakan keterampilan membuka dan menutup pelajaran di SD Negeri 51 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan guru dalam melaksanakan keterampilan membuka dan menutup pelajaran di SD Negeri 51 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah enam orang guru kelas yang terdiri dari guru kelas I, II, III, IV, V dan VI. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari data observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilaksanakan oleh peneliti di SD 51 Banda Aceh bahwa guru mengalami kesulitan dalam pengunaan alat bantu pelajaran, karena kurangnya pemahaman guru dalam mengunakan alat bantu tersebut sehingga pada akhirnya alat bantu tidak dapat menarik perhatian peserta didik, kesulitan mengaitkan materi pembelajaran karena kurangnya pemahaman guru dalam memahami pokok materi pembelajaran sehingga guru menjadi bingung dalam mengaitkan pembelajaran, Masih banyak guru yang belum melaksanakan tindak lanjut dalam kegiatan menutup pelajaran karena kesulitan untuk mengontrol waktu sesuai dengan RPP yang telah dirancang, sehingga guru pada akhirnya mengabaikan kegiatan remedial dan pengayaan dalam proses pembelajaran. Simpulan dalam penelitian ini adalah guru masih banyak mengalami kesulitan membuka dan menutup pelajaran, disarankan kepada guru hendaknya banyak mengikuti pelatihan-pelatihan terkait dengan keterampilan guru mengajar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN KETERAMPILAN GURU DALAM KEGIATAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN DI KELAS IV SD NEGERI LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (Muhammad Sauki, 2017)

PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR DAN KETERAMPILAN KONSELING MAHASISWA BK DALAM MELAKSANAKAN PPL DI SEKOLAH ( SUATU PENELITIAN PADA GURU PAMONG DI SEKOLAH LATIHAN DALAM KOTA BANDA ACEH) (Khairul Misbah, 2016)

KESULITAN MAHASISWA PPG PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN DI BANDA ACEH (Rahmat Maulidi Tigana, 2017)

KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN PADA TEMA 7 CITA-CITA KU SUBTEMA 1 AKU DAN CITA-CITA KU KELAS IV SDN 1 UNGGUL LAMPEUNEURUT. (Sartika, 2018)

KETERAMPILAN MAHASISWA FKIP EKONOMI UNSYIAH DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH LATIHAN (PPL) (Nurhijjah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy