//

HUBUNGAN LOKASI INFARK DENGAN RISIKO ACUTE KIDNEY INJURY PADA ST-ELEVASI MIOKARD INFARK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang INDRI AFRIANTI - Personal Name
SubjectKIDNEY DISEASES - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keperawatan universitas syiah kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Acute Kidney Injury adalah salah satu masalah keperawatan kolaboratif pada paseien ST-Elevasi Miokard Infark (STEMI) yang terjadi akibat adanya kerusakan ginjal pra renal yang disebabkan oleh penurunan aliran darah ke ginjal pada pasien STEMI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan lokasi infark dengan kejadian acute kidney injury pada pasien STEMI selama fase akut 24 jam pertama. Jenis penelitian ini adalah korelasi studi dengan desain penelitian retrospektif data sekunder rekam medik. Peneitian ini memiliki variabel independet lokasi infark dan variabel dependent acute kidney injury. Populasi pasien dengan diagnosa masuk STEMI periode rawatan Januari-Desember 2018 di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, sampel 83 pasien STEMI didapatkan berdasarkan kriteria, yaitu tidak mengalami choronic kidney disease dan sudah atau belum mendapatkan terapi standar STEMI. Alat pengumpulan data adalah format observasi penelitian, dengan cara ukur observasi elektokardiogram dan hasil laboratorium kreatinin serum. Hasil uji statistik chi-square didapatkan nilai p-value 0,755 (α=0,05) menunjukkan tidak ada hubungan antara lokasi infark dengan kejadian acute kidney injury pada pasien STEMI. Hasil OR 0,78 menjelaskan bahwa lokasi infark anterior lebih berisiko 0,7 kali menyebabkan acute kidney injury dibandingkan lokasi infark inferior. Rekomendasi bahwa potensi acute kidney injury dapat ditegakkan pada pasien STEMI fase 24 - 48 jam tidak dibedakan berdasarkan lokasi infark anterior maupun inferior. Kata Kunci : STEMI, lokasi infark, anterior, inferior, acute kidney injury

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DERAJAT KEPARAHANN INFARK MIOKARD AKUT BERDASARKAN WAKTU SERANGAN PADA PENDERITA INFARK MIOKARD AKUT DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Siska, 2015)

HUBUNGAN PENINGKATAN KADAR GLUKOSA PLASMA DAN TROPONIN-I PENDERITA INFARK MIOKARD AKUT DI RUANG ICCU RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Nindy Aprilla Putri, 2016)

HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN KEJADIAN INFARK (Tjut Farahiya Hadi, 2015)

APLIKASI LOGIKA FUZZY UNTUK MENDIAGNOSIS TINGKAT KEPARAHAN PENYAKIT JANTUNG (STUDI KASUS DI RSUDZA BANDA ACEH) (izazi, 2016)

LOKASI INFARK DENGAN BRADIKARDI PASIEN SINDROM KORONER AKUT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN DAN RUMAH SAKIT MEURAXA BANDA ACEH (OCTAMI RULIANI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy