//

PELAKSANAAN KEGIATAN EXTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD NEGERI 1 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang EVA DIANA - Personal Name
SubjectSCOUTS AND SCOUTING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Eva Diana, 2018. Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri 1 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1) Drs. M. Nasir Yusuf, M. Kes (2) Dra. Alfiati Syafrina, M. Pd Kata Kunci: Pelaksanaan, Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Penelitian ini berjudul “ Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri 1 Banda Aceh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD Negeri 1 Banda Aceh, apakah kendala dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD negeri 1 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD Negeri 1 Banda Aceh, untuk mendeskripsikan kendala dalam pelaksanaan kegiatan ektrakurikuler di SD Negeri 1 Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 1 guru olahraga , 1 orang Pembina pramuka dan 5 siswa yang terdapat di SD Negeri 1 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD Negeri 1 Banda Aceh sudah terlaksana dengan baik, sekolah menyusun rencana program yang berpedoman pada buku SKU pramuka. SD Negeri 1 Banda Aceh memiliki kegiatan tahunan dan kegiatan mingguan yang menjadi agenda rutin. Dalam mengajar, pembina pramuka telah menggunakan metode kepramukaan. Kegiatan ekstrakurikuler pramuka ini diharapkan mampu membentuk karakter dan watak pada siswa. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dikarenakan pelaksanan tidak sesuai dengan rencana program sekolah. Terlaksananya kegiatan pramuka ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya mempunyai program, menyediakan sarana prasarana, dukungan orang tua, dan sekolah juga menyediakan dana yang berasal dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Banyaknya siswa yang belum disiplin saat pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka berlangsung, dan terbatasnya jumlah Pembina pramuka yang tidak sebanding dengan jumlah siswa peserta ekstrakurikuler pramuka. Selain itu kendala yang dihadapinya adalah, terdapat beberapa orang tua atau wali murid yang tidak mengizinkan anaknya mengikuti pramuka.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS V DI SD NEGERI 54 BANDA ACEH (MIFTAHUL JANNAH, 2018)

PELAKSANAAN PRAMUKA DI SEKOLAH DASAR KEUMUMU LABUHAN HAJI TIMUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (NOVIYAR, 2015)

PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM KURIKULUM 2013 TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS V DI SD NEGERI 10 BANDA ACEH (Syahrina Dhahirah,ab, 2017)

UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN PRAMUKA DI SD NEGERI 20 BANDA ACEH (Ajirna, 2017)

PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA WAJIB KURIKULUM 2013 DI SMAN SE-KOTA BANDA ACEH TAHUN 2016 (Heru Kurniawan, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy