//

PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS SIBREH KECAMATAN SUKA MAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURAINI - Personal Name
SubjectGRAMMER - ELEMENTRY EDUCATIONAL
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Unsyiah
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nuraini. 2019. Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sibreh Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Aceh Besar. Tesis, Program studi Magister Pendidikan Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Pembimbing (1) Dr. Mohd. Harun, M.Pd., Pembimbing (2) Dr. Siti Sarah Fitriani, S.Pd., M.A. Kata Kunci: kosakata, jenis kata, bentuk kata, makna kata Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan kosa kata bahasa Indonesia pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sibreh, Aceh Besar ditinjau dari jenis kata, bentuk kata, dan makna kata. Metode yang digunakan adalah metode campuran berupa metode kuantitatif dan metode kualitatif. Populasi dan sampel adalah 90 orang siswa kelas IV, pada mata pelajaran bahasa Indonesia semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Data penelitian dikumpulkan dengan menentukan jenis kata, bentuk kata, dan makna kata pada teks cerita dengan menggunakan hasil tes siswa. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes yang dibuat sendiri oleh peneliti.Hasil penelitian, yaitu (1) siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sibreh Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Aceh Besar belum dapat memahami jenis kata yang terdapat di dalam suatu teks cerita, (2) ) siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sibreh Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Aceh Besar belum dapat membedakan kata dasar dan kata berimbuhan pada teks yang diberikan, dan (3) siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sibreh Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Aceh Besar tidak dapat menulis makna kata yang terdapat di dalam teks cerita dan hanya siswa Sekolah Dasar Lambirah yang mampu menulis makna kata dari kosakata bahasa Indonesia yang ditemukan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil penguasaan kosakata siswa masih lemah. Hal ini menunjukkan penguasaan kosakata siswa masih belum memenuhi KKM, yaitu 70 karena nilai tertinggi yang diperoleh oleh siswa di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus Sibreh, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Aceh, dengan nilai kurang dari 70.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA SISWA SD NEGERI 54 BANDA ACEH DENGAN SD NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (CATUR SINTIA DEWI, 2019)

PENGUASAAN KOSAKATA BAKU BAHASA INDONESIARNSISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 TAKENGONRNACEH TENGAH (mulyadi, 2014)

KONTRIBUSI KEBUGARAN JASMANI TERHADAP HASIL BELAJAR PENJASORKES KELAS XI DI SMA N 1 SIBREH SUKA MAKMUR ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2012/2013 (fajar siddik, 2013)

KORELASI ANTARA MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 TANAH JAMBO AYE (Nanda Roshita, 2017)

HUBUNGAN MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS VII SMP ISLAM BANDA ACEH (Eri Suriyanti, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy