//

PERILAKU KUAT TEKAN BETON DENGAN SUBSTITUSI AGREGAT KASAR BETON DAUR ULANG (SUATU PENELITIAN BETON DENGAN FAS 0,4 DAN KOMPOSISI AGREGAT KASAR DAUR ULANG K-300 DAN K-250 0%, 35%, 50%, DAN 100%)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang T Novianda R. Darman - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kebutuhan masyarakat terhadap fasilitas infrastruktur menyebabkan tingkat permintaan terhadap material-material beton menjadi sangat tinggi. Hal ini menyebabkan keterbatasan kemampuan alam dalam menyediakan material pembentuk beton. Maka diperlukan adanya alternatif untuk menggantikan atau mengurangi penggunaan agregat alami sebagai bahan dasar material. Salah satu alternatif adalah pemanfaatan limbah kontruksi khususnya beton. Limbah tersebut dapat didaur ulang sebagai material struktural. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kuat tekan beton dengan penggunaan agregat beton bekas sebagai pengganti sebagian atau seluruhnya agregat alami. Benda uji yang digunakan silinder dengan diameter 15 cm x 30 cm. FAS yang digunanakan 0,4. Agregat daur ulang yang digunakan sebagai pengganti agregat kasar dari limbah beton dengan mutu K-250 dan K-300. Komposisi agregat beton bekas yang digunakan adalah 0%, 35%, 50%, dan 100%. Pengujian kuat tekan dilakukan pada umur beton 7, 14 dan 28 hari dengan metode perawatan penyiraman secara berkala dan dilapisi dengan karpet. Hasil penelitian menunjukan nilai kuat tekan rata-rata beton substitusi agregat daur ulang dengan persentase 35%, 50%, dan 100% mengalami penurunan berkisar 15%-20% dari nilai kuat tekan rata-rata beton tanpa menggunakan agregat kasar daur ulang. Peningkatan kekuatan beton agregat kasar daur ulang mengalami peningkatan nilai kuat tekan lebih cepat dibandingkan dengan campuran beton tanpa menggunakan agregat kasar daur ulang. Nilai Moudulus elastisitas beton terbesar terdapat pada persentase agregat kasar daur ulang 50% pada umur 28 hari, yaitu 24.300 MPa. Jenis pola kehancuran dominan yang terjadi pada saat pengujian kuat tekan beton subtitusi agregat kasar daur ulang adalah pola kehancuran kerucut dan belah Kata Kunci : Agregat kasar daur ulang, recycled concrete, tegangan, regangan, modulus elastisitas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERILAKU KUAT TEKAN BETON SUBSTITUSI AGREGAT DAUR ULANG SEBAGAI AGREGAT KASAR (SUATU PENELITIAN BETON DENGAN FAS 0,4 DAN KOMPOSISI AGREGAT KASAR DAUR ULANG 0%, 35%, 50% DAN 100%) (Atika Aulia Amru, 2017)

KUAT TARIK LENTUR BETON DENGAN VARIASI KOMPOSISI AGREGAT DAUR ULANG (RECYCLED AGGREGATE) (RIO RIVANDI, 2017)

ANALISIS KUAT LENTUR BETON DENGAN KOMPOSISI 35%,50% DAN 100% AGREGAT DAUR ULANG (Maskura Sadila, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN SUBSTITUSI ADITIF, AGREGAT HALUS, AGREGAT KASAR DAN PENAMBAHAN FILLER BIJIH BESI TERHADAP KUAT TEKAN DAN DAKTILITAS BETON MUTU TINGGI HYBRID (Fauzan Z, 2017)

PENGARUH VARIASI SUBSTITUSI PASIR KARET PENGGANTI AGREGAT HALUS TERHADAP KUAT TEKAN BETON PENELITIAN MENGGUNAKAN FAS 0,4 (Muchayar, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy