//

ANALISIS STRUKTUR PEREKONOMIAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang INDRYANI YUSRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Analisis Struktur Perekonomian dan Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Aceh Nama : Indryani Yusra NIM : 1609200010016 Program Studi : Magister Ilmu Ekonomi Universitas Syiah Kuala Pembimbing : 1. Prof. Dr. Mohd. Nur Syechalad, MS 2. Dr. Muhammad Nasir, S.E., M.Si., MA Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis struktur perekonomian dan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Aceh tahun 2010-2017 dan menganalisis potensi perekonomian di Provinsi Aceh. Penelitian ini menggunakan data sekunder seperti data Produk Domestik Bruto (PDB) atas dasar harga konstan, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga konstan. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis Location Quotient (LQ), Shift Share (SS). Dari hasil analisis perhitungan LQ sektor yang memiliki nilai LQ > 1 yaitu: sektor pertanian, kehutanan dan perikanan, sektor pertambangan dan penggalian serta sektor transportasi dan pergudangan artinya peranan sektor tersebut di daerah lebih menonjol daripada peranan sektortersebut secara nasional. Dari hasil analisis perhitungan Shift Share (SS) Dij menunjukkan bahwa tujuh sektor bernilai positif yaitu: sektor pertanian, kehutanan, perikanan, sektor pengadaan listrik dan gas, sektor konstruksi, sektor perdagangan, sektor transportasi dan pergudangan, sektor jasa keuangan dan asuransi serta sektor jasa lainnya yang berarti bahwa nilai pendapatan atau PDRB Provinsi Aceh mengalami kenaikan kinerja ekonomi, artinya selama kurun waktu analisis kinerja dan produktivitas sektor tersebut dapat dikatakan baik. Dari hasil analisis penggabungan hasil analisis LQ dan SS menunjukkan bahwa dua sektor yaitu: sektor pertanian, kehutanan dan perikanan serta sektor transportasi dan pergudangan merupakan sektor yang berpotensi sehingga perlu untuk dikembangkan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Aceh. Kata Kunci : Pertumbuhan Ekonomi, Sektor-Sektor Ekonomi, LQ, Shift Share, Provinsi Aceh

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KETERSEDIAAN ENERGI LISTRIK TERHADAP PDRB DI PROVINSI ACEH (Helmy, 2019)

PENGARUH INFRASTRUKTUR EKONOMI DAN SOSIAL TERHADAP PEREKONOMIAN ACEH (IRA ARIANTIKA, 2016)

ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI ACEH (MAHYUNI, 2018)

PENGARUH KREDIT PERBANKAN, PENGELUARAN PEMERINTAH DAN PERTUMBUHAN PENDUDUK TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI ACEH (Amna Marisa, 2019)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI ACEH (athaillah, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy