//

KAJIAN PERKEMBANGAN MORFOLOGI DAN HISTOLOGI SALURAN PENCERNAAN LARVA IKAN DEPIK (RASBORA TAWARENSIS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ULFA KHAIRINA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan morfologi larva dan histologi saluran pencernaan larva ikan depik (Rasbora tawarensis). Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah panjang total larva (TL), laju pertumbuhan harian (LPH), morfologi larva dan histologi saluran pencernaan larva ikan depik (Rasbora tawarensis¬). Pengukuran pertumbuhan panjang total larva diukur pada 1 hingga 30 DAH (Days After Hatching). Perkembangan morfologi dan histologi saluran pencernaan larva dianalisis pada 1, 2, 3, 5, 7, 10, 15, 20, 25 dan 30 DAH. Pembuatan preparat histologi dilakukan dengan pewarnaan Hematoksilin dan Eosin (HE). Data dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, fase yolk sac pada ikan depik terjadi pada 1-5 DAH, fase transisi dari endogenous feeding ke exogenous feeding terjadi pada 4-5 DAH serta yolk sac telah habis pada 6 DAH. Perkembangan morfologi sirip larva telah terbentuk sempurna diseluruh tubuh pada 25 DAH. Perkembangan saluran pencernaan larva terbentuk sempurna pada 20 DAH yang ditandai dengan usus telah terdiferensiasi menjadi hindgut dan midgut sehingga pencernaan dan pemanfatan pakan oleh larva dapat berlangsung secara optimal. Kata kunci : Rasbora tawarensis, pertumbuhan, morfologi, histologi  

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PERKEMBANGAN MORFOLOGI DAN HISTOLOGI SALURAN PENCERNAAN LARVA IKAN PERES (OSTEOCHILUS KAPPENII) (Fathia Salsabila, 2019)

GAMBARAN KADAR LEMAK IKAN DEPIK (RASBORA TAWARENSIS) DI KABUPATEN ACEH TENGAH (SYAHRIN NOVIA,SKH, 2014)

EMBRIOGENESIS DAN INKUBASI TELUR IKAN DEPIK (RASBORA TAWARENSIS) DENGAN SUHU YANG BERBEDA (Nanda Safraini, 2019)

PERBANDINGAN KADAR PROTEIN IKAN DEPIK (RASBORA TAWARENSIS)RN DENGAN IKAN RELO (RASBORA SP.) DI DANAU LAUT TAWARRNKABUPATEN ACEH TENGAH (Maskur Alamsyah, 2014)

PEMBERIAN HORMON PMSG+AD MELALUI PAKAN DENGAN DOSIS YANG BERBEDA UNTUK PEMATANGAN GONAD IKAN DEPIK (RASBORA TAWARENSIS) (Muhammad Abrar, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy