//

INTENSITAS DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA IKAN KAKAP PUTIH (LATES CALCARIFER) HASIL BUDIDAYA TAMBAK DAN KERAMBA JARING APUNG (KJA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAISYURA ULFA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis parasit, menganalisis intensitas dan prevalensi serangan parasit yang menginfeksi ikan Kakap Putih (Lates calcarifer) yang dibudidayakan di tambak Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Ujung Batee Aceh Besar dan Keramba Jaring Apung (KJA) Ulee Lheu Banda Aceh. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2019 dengan menggunakan metode survey dan metode pengambilan sampel secara acak dimana total sampel masing-masing lokasi berjumlah 20 ekor. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisa secara deskriptif. Hasil penelitian ditemukan lima jenis ektoparasit dari dua lokasi yaitu Haliotrema sp., Trichodina sp., Benedenia sp., Dactylogyrus sp., dan Unitubulotestis sardae. Yang paling banyak ditemukan pada lokasi tambak yaitu Trichodina sp. sedangkan pada KJA yaitu Haliotrema sp. Prevalensi dan intensitas tertinggi terdapat pada lokasi tambak BPBAP Ujung Batee dari jenis Trichodina sp. dengan nilai prevalensi 65% tergolong dalam kategori infeksi sangat sering, dan 13,5 ind/ekor untuk nilai intensitas tertinggi yang tergolong dalam infeksi sedang. Dan yang terendah juga terdapat pada lokasi yang sama dari jenis Benedenia sp. untuk nilai prevalensi yaitu 5% dan intesnitas 0,8 ind/ekor dari jenis Unitubulotestis sardae. Dari pemeriksaan organ tubuh ternyata organ insang merupakan organ tubuh yang paling banyak terinfeksi ektoparasit dibandingkan dengan ketiga organ lainnya. Kata kunci : Ektoparasit, intensitas, prevalensi, organ, Kakap putih

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBERIAN PAKAN ALAMI YANG BERBEDA TERHADAP TINGKAT KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN KAKAP PUTIH (LATES CALCARIFER) (NURMASYITAH, 2018)

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA IKAN KERAPU LUMPUR (EPINEPHELUS TAUVINA) DAN IKAN KUWE (CARANX SEXFASCIATUS) DI KERAMBA JARING APUNG GAMPONG PANDE, BANDA ACEH (Mutia Lazita, 2014)

SUBSTITUSI TEPUNG IKAN DENGAN TEPUNG KEDELAI TERHADAP PERTUMBUHAN, KELANGSUNGAN HIDUP DAN PEMANFAATAN PAKAN BENIH IKAN KAKAP PUTIH (LATES CALCARIFER) (MAIDA YANTI, 2019)

PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK KOMERSIL DAN MOLASE TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH IKAN KAKAP PUTIH (LATES CALCARIFER) (Rizki Ananda, 2017)

RASIO PENGGUNAAN TEPUNG DARAH DAN TEPUNG KEDELAI TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN KAKAP PUTIH (LATES CALCARIFER) (Assyifa Amelia, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy