//

ANALISIS DAERAH RAWAN LONGSOR MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KABUPATEN GAYO LUES

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SUKRIZAL - Personal Name
SubjectDISASTERS - SOCIAL EFFECTS
LANDSLIDES
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Kebencanaan Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Bahaya longsor di Kabupaten Gayo Lues tersebar di seluruh kecamatan dengan berbagai karakteristik yang mempengaruhinya, dan berbagai parameter yang membuat kerawanan longsor tersebut semakin tinggi, serta berdampak pada social ekonomi dan tata pola ruang serta struktur ruang wilayah kabupaten tersebut. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan memetakan karakteristik wilayah yang pernah longsor, tingkat kerawanan longsor dan kajian rancangan tata ruang wilayah (RTRW) kedudukannya dalam kerawanan longsor. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder berupa peta dan analisa lapangan yang dilengkapi dengan wawancara. metode dalam penelitian menggunakan analisis tingkat kerawanan longsor, mengidentifikasi dan memetakan wilayah berdasarkan karakteristik longsor, tingkat kerawanan, dan kajian pola ruang/struktur ruang dan kedudukannya dalam kerawanan longsor. Hasil penelitian menunjukkan jenis longsor yang dominan terjadi adalah aliran bahan rombakan, rotasi dan translasi dengan analisa penyebab berupa faktor pemicu dan pengontrol serta terjadinya pengulangan longsor dibeberapa daerah diantaranya Pining, Tripe Jaya, dan Pantan Cuaca. tingkat kerawanan tanah longsor teridentifikasi kategori agak rawan 0,48% (2366.25 Ha) skor 3.45, kategori sedikit rawan 45,21% (250892.46 Ha) skor 2.55 dan kategori tidak rawan 54.31% (301432.36 Ha) skor 1.65. Untuk analisa kajian pola ruang bahwa 0,48% (2647.05 Ha) kategori agak rawan, yang didominasi pemukiman dan transmigrasi. 44.48% (247001.38 Ha) kategori sedikit rawan. 54.68% (301257,17 Ha) yang didominasi hutan lindung secara spasial berdasarkan tingkat kerawanan tanah longsor. Analisa kajian struktur ruang juga menunjukkan hal yang sama, dimana terdapat titik pemukiman dan transmigrasi yang berada pada lokasi atau kategori agak rawan longsor. Kata Kunci: Analisis Longsor, Kerawanan, Pola Ruang/Struktur Ruang

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN DATA PENGINDERAAN JAUH UNTUK PEMETAAN DAERAH RAWAN TANAH LONGSOR DI KABUPATEN KARO SUMATERA UTARA (Muliadi Sembiring, 2017)

ANALISIS SPASIAL KAWASAN RAWAN LONGSOR DI PROVINSI ACEH DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) (Muhammad Maksum, 2016)

ANALISIS DAERAH RAWAN LONGSOR MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KABUPATEN GAYO LUES (SUKRIZAL, 2019)

ANALISIS DAERAH RAWAN BENCANA LONGSOR MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (STUDI KASUS : JALAN NASIONAL RUAS KABUPATEN BENER MERIAH) (Ikram Khairun, 2016)

IDENTIFIKASI DAERAH RAWAN BENCANA LONGSOR DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KABUPATEN ACEH BARAT (Sri Widianalisa, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy