//

TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF GURU DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN PADA ANAK GANGGUAN AUTISTIK DI SLB YPAC BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ISRA YAUMINNISA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Teknik Komunikasi Persuasif Guru dalam Membentuk Kedisiplinan Pada Anak gangguan Autistik di SLB YPAC Banda Aceh”. Anak gangguan autistik mengalami hambatan perkembangan dalam bidang komunikasi, interaksi sosial, perilaku, dan emosi. Guru memandang atau memaknai pembentukan kedisiplinan amat penting bagi anak untuk mengurangi perilaku yang tidak diinginkan dan meningkatkan perkembangan anak menuju kemandirian untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Pemaknaan ketiga guru ini sejalan dengan asumsi teori interaksi simbolik yang dikemukakan oleh Blumer bahwa manusia bertindak terhadap sesuatu berdasarkan makna-makna yang ada pada sesuatu itu bagi mereka yang diperoleh melalui interaksi simbolik yaitu yang diperoleh guru saat berinteraksi dengan anak gangguan autistik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan komunikasi persuasif oleh guru yang dilihat dari teknik komunikasi persuasif yang digunakan untuk membentuk kedisiplinan pada anak gangguan autistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis deskriptif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari tiga guru SLB YPAC Banda Aceh yang terlibat pada proses belajar dan mengajar dengan ketiga anak gangguan autistik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam membentuk kedisiplinan pada anak gangguan autistik guru menerapkan teknik komunikasi persuasif berdasarkan tipe spektrum autis yang diderita tiap anak gangguan autistik seperti kondisi perilaku, dan level komunikasi pada anak. Kata kunci: Teknik, Komunikasi Persuasif, Kedisiplinan, Anak Gangguan Autistik

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENDEKATAN KOMUNIKASI YANG DILAKUKAN GURU DALAM MEMBENTUK PERILAKU KESOPANAN DAN KEBERSIHAN PADA ANAK (STUDI PADA PAUD IT AL-AZHAR BANDA ACEH) (Eka Dara Phonna, 2017)

KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGASUH DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEDISIPLINAN ANAK (STUDI PADA PANTI ASUHAN YAYASAN ISLAM MEDIA KASIH BANDA ACEH) (Luthfiana, 2019)

PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI (STUDI PADA IBU RUMAH TANGGA DI DESA LEU UE KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR) (Nurhafifah, 2017)

UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK TUNARUNGU DI SDLB YPAC-I GAMPONG KEURAMAT BANDA ACEH UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK TUNARUNGU DI SDLB YPAC-I GAMPONG KEURAMAT BANDA ACEH UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK TUNARUNGU DI SDLB YPAC-I GAMPONG KEURAMAT BANDA ACEH UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK TUNARUNGU DI SDLB YPAC-I GAMPONG KEURAMAT BANDA ACEH UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK TUNARUNGU DI SDLB YPAC-I GAMPONG KEURAMAT BANDA ACEH UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK TUNARUNGU DI SDLB YPAC-I GAMPONG KEURAMAT BANDA ACEH UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK TUNARUNGU DI SDLB YPAC-I GAMPONG KEURAMAT BANDA ACEH (DEBY WULANDARI, 2018)

KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEDISIPLINAN TARUNA SMKN PENERBANGAN ACEH (MUHAMMAD IKHSAN, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy