//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)DI SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang INDAH KHAIRANI - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Cooperative Learning, Model Spontaneous Group Discussion (SGD), Student Teams Achievement Division (STAD), Hasil Belajar. Penelitian yang berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Fisika Siswa Yang diajarkan Melalui Model Pembelajaran Spontaneous Group Discussion (SGD) dengan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) Di SMP Negeri 1 Peukan Bada”. Dalam penelitian ini mengangkat masalah Apakah ada perbedaan antara hasil belajar Fisika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Spontaneous Group Discussion dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions pada pelajaran Fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar Fisika siswa yang diajarkan antara model pembelajaran kooperatif tipe Spontaneous Group Discussion (SGD) dan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dalam memahami materi fisika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP negeri 1 Peukan Bada, sedangkan sampel yang diambil penulis hanya dua kelas yaitu 25 orang siswa kelas VIII-5 dan 24 orang siswa kelas VIII-3. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik tes dan pengolahan data menggunakan tehnik statistik uji-t. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Spontaneous Group Discussion (SGD) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dalam materi Getaran dan Gelombang di SMP Negeri 1 Peukan Bada. Di tinjau dari hasil statistik terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara penerapan model Spontaneous Group Discussion (SGD) dan Student Team Achievement Divisions (STAD) ditunjukkan dengan angka ݐ ௛௜௧௨௡௚ = 2,69 dan ݐ ௧௔௕௘௟ = 1,68 dengan kriteria pengujian terima Ha jika ݐ ௛௜௧௨௡௚ ≥ ݐ ௧௔௕௘௟ dan terima H0 jika ݐ ௛௜௧௨௡௚ ≤ ݐ ௧௔௕௘௟ . Model pembelajaran kooperatif tipe Spontaneous Group Discussion (SGD) dapat diterapkan dalam proses pembelajaran karena mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN STUDENTRNTEAM ACHIEVEMENT DIVISION DI SMP NEGERI 7 RNBANDA ACEH (Mahrami, 2015)

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH DI KELAS IV SD NEGERI 5 BANDA ACEH (RAHMI, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA SISWA KELAS VIII MTSN MODEL BANDA ACEH (Ista Ana, 2017)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE STAD PADA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Basdillan Karnova, 2014)

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (Trya Andayani Mirda, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy