//

PSYCHOLOGICAL ADJUSTMENT PADA INDIVIDU DENGAN PENYAKIT JANTUNG KORONER

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YULIA SAFITRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Psychological adjutment merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan agar individu dengan penyakit kronis dapat memiliki kehidupan yang positif terlepas dari dampak yang ditimbulkan penyakitnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika psychological adjusment pada individu dengan penyakit jantung koroner. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif fenomenologi. Responden dalam penelitian ini adalah empat orang (tiga laki-laki dan satu perempuan) yang memiliki penyakit jantung koroner. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semiterstruktur, kemudian data dianalisis menggunakan teknik analisis interpretif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua responden belum berhasil dalam melakukan penyesuaian terhadap penyakit kronisnya. Tiga dari empat responden mampu mengatasi dampak emosional, kognitif, dan fisiologis dari penyakit kronis, tetapi masih gagal dalam aspek perilaku khususnya dalam hal perubahan gaya hidup dan melakukan pemeriksaan rutin. Sebaliknya, satu responden menunjukkan penyesuaian negatif pada aspek fisiologis dan emosional, tetapi justru memiliki penyesuaian yang jauh lebih positif secara perilaku karena tingkat kepatuhan yang tinggi dalam manajemen penyakit. Faktor-faktor yang ditemukan berpengaruh terhadap proses psychological adjustment pada individu adalah belief, koping, dan dukungan keluarga. Kata Kunci: Psychological Adjustment, Penyakit Kronis, Penyakit Jantung Koroner.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN LIPATAN DIAGONAL CUPING TELINGA DENGAN KEJADIAN PENYAKIT JANTUNG KORONER (Eka Mulyana, 2015)

HUBUNGAN OBESITAS TERHADAP PENYAKIT JANTUNG KORONER DI POLI KLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Aisyatun, 2014)

PERBANDINGAN KUALITAS HIDUP PASIEN RIWAYAT SINDROM KORONER AKUT DENGAN ST ELEVASI(STEMI)DAN SINDROM KORONER AKUT TANPA ST ELEVASI (NSTEMI DAN ANGINA PEKTORIS TIDAK STABIL) DI RSUDZA (Asti Uki Utari, 2014)

PERBANDINGAN KUALITAS HIDUP PASIEN RIWAYAT SINDROM KORONER AKUT DENGAN ST ELEVASI (STEMI) DAN SINDROM KORONER AKUT TANPA ST ELEVASI (NSTEMI DAN ANGINA PEKTORIS TIDAK STABIL) DI RSUDZA (Asti Uki Utari, 2016)

PROFIL DISLIPIDEMIA SEBAGAI SALAH SATU FAKTOR RISIKO PENYAKIT JANTUNG KORONER DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (Alqi Yutha, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy