//

APLIKASI PEMESANAN BERBASIS ANDROID UNTUK KAFE-KAFE KECIL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YENI H SARAGIH - Personal Name
SubjectSYSTEMS PROGRAMING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Kafe adalah tempat untuk makan dan minum sajian cepat saji dan menyuguhkan suasana santai atau tidak resmi. Kebanyakan kafe tidak menyajikan makanan berat namun lebih berfokus pada makanan ringan seperti kue, roti, sup dan minuman. Proses pemesanan secara manual tidak efektif dan memungkinkan untuk terjadinya kesalahan penulisan yang berakibat pesanan tidak sesuai dan adanya pesanan yang rangkap. Selain itu, dalam proses pemesanan manual sering terjadi kesalahan dalam urutan pemesanan akibat bertumpuknya nota pemesanan yang berdampak negatif pada kepuasan pelanggan. Oleh karena itu diperlukan solusi yang dapat mengatasi masalah ini dengan mengembangkan sebuah sistem yang memungkinkan melakukan pemesanan secara online agar data-data pemesanan lebih terstruktur. Aplikasi terdiri dari dua bagian yaitu satu untuk pelayan dan satu untuk kasir. Setiap kelompok pengguna akan menggunakan aplikasi sesuai dengan pekerjaan mereka pada kafé. Aplikasi yang dibangun merupakan aplikasi berbasis Android dengan bahasa pemrograman Kotlin pada Android Studio dengan memanfaatkan layanan awan. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode Agile pada proses pengembangannya dan pendekatan UCD (User-Centered Design) untuk proses evaluasi usability dengan pengguna. Pengujian aplikasi dilakukan dengan dua metode yaitu black box dan usability. Hasil pengujian black box bernilai valid untuk semua fitur yang diuji. Pengujian usability dilakukan pada sepuluh (10) orang pelayan dan lima (5) orang kasir pada lima (5) kafe yang berbeda di Banda Aceh. Hasil pengujian usability untuk pengguna aplikasi pelayan sebesar 77,75% yang berada pada rentang 61%-80% dengan kategori interpretasi skor “Layak” dan untuk pengguna aplikasi kasir sebesar 80,50% yang berada pada rentang 81%-100% dengan kategori intrepretasi skor ”Sangat Layak”. Berdasarkan hasil tersebut, aplikasi ini terintegrasi dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan setiap pengguna. Kata kunci: Kafe, Android, Kotlin, Agile-UCD, Black box, Usability

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTROL SOSIAL MASYARAKAT TERHADAP EKSISTENSI KAFE REMANG REMANG (STUDI KASUS DI KECAMATAN SAMADUA KABUPATEN ACEH SELATAN) (Bobby Ahmadi, 2018)

PEMBUATAN SISTEM PEMESANAN LAPANGAN FUTSAL DENGAN MEDIA WEBSITE MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL (Zul Azmi Harris, 2013)

PENGAMANAN DAN PEMANTAUAN PENCURIAN KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS ANDROID DAN FIREBASE SEBAGAI WEB SERVICE (SARAH RAHMANY, 2017)

PEMBUATAN APLIKASI ATMKU MENGGUNAKAN ANDROID STUDIO (Heri Prianto, 2016)

PEMBUATAN APLIKASI PERHITUNGAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS ANDROID (Silvia Marselina, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy