//

REPRESENTASI DIRI REMAJA DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HENDY HARNIO PRATAMA - Personal Name
SubjectPRESENTATION SOFWARE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Remaja pada zaman ini sudah sangat mengenal dan mampu beradaptasi dengan penggunaan sosial media sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, khususnya remaja Kota Lhokseumawe. Penelitian ini yaitu tentang melihat bagaimana representasi diri remaja Kota Lhokseumawe dalam sosial media Instagram. Tujuan penelitian ini adalah melihat bagaimana kesan diri yang ditampilkan melalui representasi diri remaja Kota Lhokseumawe melalui unggahan foto atau video dalam akun Instagram pribadi remaja, juga melihat apakah remaja bisa membedakan terhadap kehidupan nyata dan kehidupan maya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Data kemudian dianalisa menggunakan teknik analisa data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Dramaturgi Erving Goffman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa remaja Kota Lhokseumawe menggunakan sosial media Instagram sebagai representasi diri dengan menampilkan kesan yang berbeda-beda. Hal ini karena tiap-tiap remaja memiliki tujuan dan kebutuhan berbeda dalam menunjukkan kesan diri untuk membuat pengikut akun Instagramnya tertarik. Kesan-kesan dalam penelitian ini muncul diantaranya kesan sebagai remaja yang aktif berorganisasi baik internal maupun eksternal, hobi makan, travelling dan lainnya. Secara keseluruhan, remaja Kota Lhokseumawe mampu menggunakan sosial media Instagram dengan baik, karena remaja tahu bahwa Instagram hanya sebuah panggung yang telah dipersiapkan dengan baik, baik dari segi penampilan, ekspresi, tujuan dan apa yang diharapkan dari unggahan dalam akun Instagram pribadinya. Kata Kunci: Representasi diri, Remaja, Instagram, Kesan diri.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FENOMENA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP GAYA HIDUP REMAJA (PENELITIAN DI DESA KEPALA BANDAR KECAMATAN SUSOH KABUPATEN ACEH BARAT DAYA) (Farah Nabila, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA (STUDI PADA REMAJA GAMPONG BATOH KECAMATAN LUENG BATA BANDA ACEH) (RIFKA NADILA, 2018)

KETERGANTUNGAN TERHADAP MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM KAITANNYA DENGAN PERILAKU SELFIE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Hidayah, 2016)

REFLEKSI FENOMENA GAYA HIDUP HEDONISME PADA AKUN INSTAGRAM (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Maulana Al Nazry, 2018)

MOTIVASI MAHASISWA BERGABUNG DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FISIP UNSYIAH YANG MENGGUNAKAN INSTAGRAM) (M. Furqan Alfindra, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy