//

STRATEGI KOMUNIKASI OMBUDSMAN RI PERWAKILAN ACEH DALAM MENSOSIALISASIKAN PERAN OMBUDSMAN KEPADA MASYARAKAT ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIZWI AISYAH CLAUDIA PUTRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh Ombudsman RI Perwakilan Aceh dalam mensosialisasikan peran Ombudsman dan untuk mengetahui faktor kendala Ombudsman RI Perwakilan Aceh dalam mensosialisasikan peran Ombudsman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan teori AIDDA. Dalam penggunaan AIDDA, agar seseorang melakukan tindakan (action), pertama-tama harus dibangkitkan perhatiannya (attention) sebagai awal dari berhasil atau tidaknya suatu komunikasi yang dilakukan. Elemen AIDDA adalah Attention (perhatian), Interest (minat), Desire (hasrat), Descision (keputusan), Action (tindakan/ kegiatan). Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara semi terstrukur dan dokumentasi. Teknik pemilihan informan yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2018 kepada 5 orang informan yang terdiri dari 1 (satu) orang Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh dan 1 orang Asisten Ombudsman RI Perwakilan Aceh, 1 orang masyarakat yang tergabung menjadi Rakan Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Informan keempat dan kelima merupakan masyarakat yang tidak tergabung dalam Ombudsman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh Ombudsman RI Perwakilan Aceh dalam mensosialisasikan peran Ombudsman kepada masyarakat adalah membentuk WP3 yaitu Wartawan Peduli Pelayanan Publik, melakukan sosialisasi, mengadakan diskusi tematik, mengadakan Training of Trainer (TOT) bagi Rakan Ombudsman, dan mengadakan pertemuan berkala. Media merupakan alat komunikasi yang paling sering digunakan sebagai strategi komunikasi oleh Ombudsman RI Perwakilan Aceh. Media dianggap sebagai alat komunikasi yang mudah, berdampak besar dan murah sehingga tidak membutuhkan biaya tambahan untuk kegiatan sosialisasinya. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Ombudsman, Sosialisasi, dan Peran.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KINERJA OMBUDSMAN RI PERWAKILAN ACEH DALAM MENJAGA MUTU PELAYANAN PUBLIK (Nurjannah, 2019)

PERSEPSI PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH TERHADAP PERAN PENGAWASAN OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN ACEH (KAJIAN TERHADAP DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DAN DINAS KESEHATAN KOTA BANDA ACEH) (Vina Andia Ratna, 2017)

PERAN OMBUDSMAN RI PERWAKILAN ACEH DALAM MENGAWASI KINERJA PEMERINTAH DI KOTA BANDA ACEH (T. Fitra Yusriwan, 2018)

EKSISTENSI OMBUDSMAN PERWAKILAN ACEH TERHADAP PENGAWASAN PELAYANAN PUBLIK DI KOTA BANDA ACEH (afwani, 2014)

PELAKSANAAN PENGAWASAN OLEH OMBUDSMAN TERHADAP PENYELENGGARAAN PELAYANAN KESEHATAN DI KOTA BANDA ACEH (SRI WAHYUNI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy