//

PREDIKSI UMUR LELAH PEGAS ULIR SUSPENSI DEPAN MINIBUS YANG DIKEMUDIKAN PADA PERMUKAAN JALAN DATAR, MENANJAK DAN MENURUN BERBASIS PENDEKATAN STRAIN-LIFE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD IKBAL - Personal Name

Abstrak/Catatan

Banyak kegagalan lelah yang terjadi pada komponen-komponen kendaraan yang menyebabkan kematian. Kegagalan lelah tersebut dapat disebabkan oleh kondisi fisik permukaan jalan dan kecepatan yang berbeda. Oleh kareta itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontur permukaan jalan terhadap umur lelah pegas ulir dan lower suspension arm. Dalam penelitian ini, sebuah strain gauge ditempelkan pada titik kritis pegas ulir dan lower suspension arm pada suspensi depan minibus berdasarkan distribusi tegangan. Sinyal regangan yang diperoleh selanjutnya dianalisa menggunakan pendekatan Coffin-Manson, Morrow, dan SWT. Dari hasil uji komposisi kimia, didapati bahwa pegas ulir tersebut terbuat dari SAE 5160 dan lower suspension arm terbuat dari AISI 1513. Sinyal regangan jalan kasar untuk pegas ulir memiliki rentang amplitudo tertinggi yaitu antara -769 με dan - 237 με, berdampak terhadap umur lelah yang lebih tinggi yaitu 1284 siklus hingga patah untuk pegas ulir. Umur lelah pegas ulir pada jalan kasar adalah 16 % kemungkinan lebih cepat terjadi kegagalan dibandingkan jalan kota dan 7 % kemungkinan lebih cepat dibandingkan jalan rata. Sinyal regangan jalan kasar untuk lower suspension arm memiliki rentang amplitudo tertinggi yaitu antara -35 με dan 16 με, berdampak terhadap umur lelah yang lebih tinggi 2470 siklus hingga patah. Sedangkan umur lelah lower suspension arm pada jalan kasar adalah 27 % lebih cepat terjadi kegagalan dibandingkan jalan kota dan 0,03 % lebih cepat dibandingkan jalan rata. Lower suspension arm mememiliki masa pakai yang lebih lama dibandingkan dengan pegas ulir. Hal ini dikarenakan kontur permukaan jalan memberikan beban secara vertikal sehingga sesuai dengan fungsi dari pegas ulir yang bekerja meredam beban secara vertikal sedangkan lower suspension arm befungsi menahan beban saat berbelok.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PREDIKSI UMUR LELAH PEGAS ULIR SUSPENSI DEPAN MINIBUS YANG DIKEMUDIKAN PADA PERMUKAAN JALAN DATAR, MENANJAK DAN MENURUN BERBASIS PENDEKATAN STRAIN-LIFE (MUHAMMAD IKBAL, 2019)

ANALISA PERMUKAAN PATAH PEGAS ULIR SUSPENSI DEPAN MOBIL SEDAN (Agustian Bakhtiar, 2016)

PREDIKSI UMUR LELAH LOWER SUSPENSION ARMMINIBUS YANG DIKEMUDIKAN PADA PERMUKAAN JALAN LURUS DAN BERBELOKBERBASIS PENDEKATANSTRAIN-LIFE (Muhammad Reza Rizky, 2019)

PENGARUH REGANGAN RATA-RATA TERHADAP UMUR LELAH BERDASARKAN PENDEKATAN STRAIN-LIFE (Rauzatul Akmal, 2019)

ANALISIS KEGAGALAN PEGAS DAUN PADA SISTEM SUSPENSI MOBIL TRUK COLT DIESEL HD 125 PS (Rizki Riantoni, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy