//

STUDI KOMPARATIF KESIAPSIAGAAN PETUGAS PADA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KOTA BANDA ACEH DENGAN ACEH BESAR DALAM MENGHADAPI BENCANA DI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ridha Firdaus - Personal Name
SubjectDISASTERS - SOCIAL SERVICES
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keperawatan universitas syiah kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Indonesia merupakan Negara yang sangat rentan terjadi bencana di dunia, hampir setiap tahun terjadi bencana yang sangat merugikan masyarakat. Provinsi Aceh adalah salah satu wilayah yang rentan mengalami bencana seperti banjir, kebakaran, gempa bumi, tsunami dan longsor. sehingga membutuhkan kesiapsiagaan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah secara komprehensif. Terkait kesiapsiagaan petugas tersebut meliputi pengetahuan dan sikap menghadapi bencana, kebijakan dan panduan menghadapi bencana, rencana tanggap darurat, sistem peringatan dini bencana dan mobiliasi sumber daya. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi perbedaan kesiapsiagaan petugas pada BPBD Kota Banda Aceh dengan Aceh Besar. Jenis penelitian adalah comparative study dengan desain cross sectional study. Populasi dari penelitian ini adalah Seluruh petugas pada BPBD Kota Banda Aceh dengan Aceh Besar. Sampel penelitian ini sejumlah 86 orang yang ditetapkan berdasarkan metode purposive sampling di BPBD Kota Banda Aceh (n=43) dan BPBD Aceh Besar (n=43). Alat pengumpulan data adalah kuesioner yang dikembangkan oleh peneliti dalam bentuk skala dichotomous terdiri 49 item. Data penelitian dianalisis menggunakan analisa bivariat dengan uji independent sample t-test. Hasil penelitian nilai mean kesiapsiagaan di BPBD Kota Banda Aceh 40,77 dengan SD=4,202 dan petugas BPBD Aceh Besar 38.40 dengan SD=6,060. Nilai p-value 0,038 (p≤0,05) sehingga ada perbedaan yang signifikan antara kesiapsiagaan petugas pada BPBD Kota Banda Aceh dengan Aceh Besar. Direkomendasikan kepada petugas pada BPBD Aceh Besar untuk dapat meningkatkan kesiapsiagaan dalam hal rencana tanggap darurat dan sistem peringatan dini bencana.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KESIAPSIAGAAN PUSKESMAS DALAM PENANGGULANGAN BENCANA (Cut Dian Nurani Teo, 2018)

ANALISIS TINGKAT KINERJA BPBD KABUPATEN PIDIE DALAM MENGHADAPI BENCANA BANJIR (SYAWALUDDIN, 2016)

ANALISIS KESIAPSIAGAAN UPTD PUSAT PENANGGULANGAN KRISIS KESEHATAN (P2KK) DINAS KESEHATAN ACEH DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI ACEH (IRHAS FARIZI, 2018)

KESIAPSIAGAAN PETUGAS PEMASYARAKATAN DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI (STUDI PADA RUTAN KLAS II B BANDA ACEH) (Farid Dennawan, 2018)

KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT ‘DESA SIAGA BENCANA’ DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Febriana, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy