//

HUBUNGAN FUNGSI KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SARAH NADYA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Fungsi keluarga adalah fungsi yang harus dimiliki oleh setiap anggota keluarga dalam menilai keberlangsungan dalam sebuah keluarga. Pada keluarga dengan lansia apabila fungsi keluarga sehat, maka akan meningkatkan kualitas hidup dari lansia tersebut. Lansia yang memiliki kualitas hidup tinggi, akan mencapai tingkat kesehatan dan kesejahteraan yang lebih baik. Tujuan penelitian adalah untuk melihat hubungan fungsi keluarga dengan kualitas hidup lansia di Kabupaten Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif dengan desain cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah lansia yang berusia ≥ 60 tahun, tinggal bersama keluarga dan memiliki fungsi kognitif sehat di wilayah kerja Puskesmas Seulimeum Kabupaten Aceh Besar pada tahun 2019. Teknik pengambilan sampel adalah probability sampling dengan cara propotional stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 102 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terpimpin menggunakan kuesioner baku fungsi keluarga yang diadopsi dari The Family APGAR dan kuesioner kualitas hidup diadopsi dari WHOQOL-BREF. Hasil uji chi-square menunjukkkan bahwa ada hubungan antara fungsi keluarga dengan kualitas hidup di Wilayah Kerja Puskesmas Seulimeum Kabupaten Aceh Besar dengan nilai (p-value = 0,001). Direkomendasikan agar baik dari pihak keluarga maupun pemegang program kesehatan lansia di puskesmas. Agar memperhatikan kesehatan lansia dengan cara menitikberatkan pada kegiatan yang dapat dilakukan bersama antara lansia dan keluarga serta keluarga dapat meluangkan waktu bersama lansia dalam menjaga pola hidup lansia untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Kata Kunci : Fungsi keluarga, kualitas hidup lansia

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN FUNGSI KELUARGA DENGAN GEJALA DEPRESI PADA LANSIA DI KABUPATEN ACEH BESAR (SUCI MAGHFIRAH, 2018)

HUBUNGAN INKONTINENSIA URINE DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIK DINAS (UPTD) RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (ERNI MEUTIA RANI, 2016)

HUBUNGAN FUNGSI KELUARGA DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA LANJUT USIA DI PUKESMAS DARUL IMARAH ACEH BESAR (Rahmawati, 2015)

HUBUNGAN MANAJEMEN STRES DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI GAMPONG PEUNITI KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH TAHUN 2012 (Cut Yuslia, 2014)

KUALITAS HIDUP LANSIA PENGGUNA GIGI TIRUAN PENUH DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Jannatin Kintawarmi, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy