//

MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAHMAYENI TANJUNG - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Tanjung, Rahmayeni. 2019. Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak melalui Bermain Peran di TK IT Mon Kuta Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Anizar Ahmad, M. Pd (2) Rahmi, S. Pd.I., M. Ed Kata Kunci: Rasa Percaya Diri, Bermain Peran, Anak Usia Dini Penelitian yang berjudul “Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak melalui Bermain Peran di TK IT Mon Kuta Banda Aceh” ini mengangkat masalah bagaimana mengembangkan rasa percaya diri anak melalui bermain peran di TK IT Mon Kuta Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rasa percaya diri anak melalui bermain peran di TK IT Mon Kuta Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas B1 TK IT Mon Kuta Banda Aceh tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 10 orang, terdiri dari 7 orang anak perempuan dan 3 orang anak laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dalam setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi melalui kegiatan bermain peran upacara bendera dan bermain peran sebagai burung Garuda yang sedang terbang dan bermain peran guru yang sedang mengajarkan muridnya tentang burung Garuda sebagai lambang negara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya pengembangan rasa percaya diri anak, dimana anak yang mencapai Berkembang Sangat Baik (BSB) pada indikator kemampuan anak untuk tetap tenang saat memainkan peran, kemampuan anak dalam mengungkapkan ide yang ada dalam pikirannya, dan kemampuan anak untuk bertanggung jawab terhadap peran yang dimainkan sudah mencapai 80-90%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah perkembangan rasa percaya diri anak dapat berkembang melalui kegiatan bermain peran. Disarankan metode pembelajaran main peran dapat diterapkan di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sehingga anak dapat lebih percaya diri dalam proses pembelajaran.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI PAUD NURUL HIDAYAH GAMPONG LAMPUUK (ALVI YUSELLA, 2018)

UPAYA GURU BK DALAM MEMBENTUK RASA PERCAYA DIRI (SELF CONFIDENCE) PADA SISWA (SUATU PENELITIAN PADA GURU BK DAN SISWA DI SMP NEGERI BANDA ACEH) (Iin Faryani, 2016)

EFEKTIVITAS TEKNIK KONSELING SELF MODELING DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN(SUATU PENELITIAN DI PANTI ASUHAN NIRMALA KOTA BANDA ACEH) (MARWAH ZAKIYATI, 2014)

MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK FKIP UNSYIAH DARUSSALAM BANDA ACEH (NUR HAYATI, 2018)

MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI PAUD QUR’ANI NURUL ILMI GAMPONG REUDEP MONTASIK ACEH BESAR (PUTRI AYU, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy