//

DAMPAK PEMEKARAN WILAYAH TERHADAP PERTUMBUHAN PENDAPATAN PER KAPITA DI KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IBADIL MUDADI - Personal Name
SubjectINCOME
ECONOMIC DEVELOPMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Pelaksanaan Pemekaran wilayah Kabupaten Aceh Selatan 10 April 2002 bukanlah suatu konsep yang baru dalam tatanan kehidupan bernegara dan diharapkan memiliki hubungan dan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan pendapatan per kapita. Penelitian ini mencoba mengkaji dampak pemekaran wilayah Kabupaten Aceh Selatan terhadap perkembangan pertumbuhan pendapatan per kapitanya. Penelitian ini menggunakan data pendapatan per kapita sebelum terlaksananya pemekaran yaitu dari tahun 1993-2001 dan data pendapatan per kapita sesudah pemekaran yaitu dari tahun 2003-2011, sedangkan data tahun 2002 tidak dimasukkan disebabkan tahun 2002 merupakan masa peralihan. Hasil dari Uji t berpasangan dapat disimpulkan bahwa pemekaran wilayah di Kabupaten Aceh Selatan tidak dapat meningkatkan pertumbuhan pendapatan per kapita. Rata-rata pertumbuhan pendapatan per kapita sebelum dan sesudah pemekaran sebesar 3,38 persen selama periode 1993-2001 dan 0,62 persen selama periode 2003-2011. Hal ini tercermin dari laju pertumbuhan sektor pertanian, sektor industri pengolahan, dan sektor jasa-jasa sebelum dan sesudah pemekaran. Sebagai bahan rekomendasi dari penulis yaitu perlunya peningkatan kualitas SDM, peningkatan output PDRB, peningkatan sumber pendapatan asli daerah (PAD), peningkatan pembangunan infra struktur, dan pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja kabupaten (APBK) yang baik. Kata Kunci: Pemekaran Wilayah, Pertumbuhan Pendapatan Per Kapita, Uji-T

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA EKONOMI DAERAH PEMEKARAN DENGAN DAERAH INDUK DI ACEH (FERAWATI, 2015)

ANALISIS DAMPAK KETIMPANGAN PERTUMBUHAN EKONOMI WILAYAH TERHADAP KEMISKINAN DI WILAYAH BARAT SELATAN PROVINSI ACEH (Yuwanda Irmiyanti, 2017)

ANALISIS DISPARITAS PENDAPATAN REGIONAL DI PROVINSI ACEH (Ramadhan Syahputra, 2013)

ANALISIS POSISI EKONOMI KABUPATEN GAYO LUES DALAM WILAYAH DATARAN TINGGI GAYO ALAS (IRSAN PAHLAWAN, 2019)

PERKEMBANGAN PEREKONOMIAN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA SETELAH PEMEKARAN, 2002-2012 (Wardiati, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy