//

ANALISIS HORMON STRES SECARA NON-INVASIF PADA ORANGUTAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN JUMLAH DAN PERILAKU PENGUNJUNG DI TAMAN HEWAN PEMATANG SIANTAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AGUSTINA - Personal Name
SubjectSTRESS - MEDICINE
HORMONES - ANIMAL PHYSIOLOGY
DEER - ANIMAL HUSBANRY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi metabolit hormon stres pada orangutan dan hubunganya dengan jumlah dan perilaku pengunjung di Taman Hewan Pemantang Siantar (THPS), Sumatra Utara. Penelitian dilakukan di THPS selama 6 minggu meliputi pengamatan perilaku harian dan koleksi sampel feses dari 4 ekor orangutan. Pengamatan perilaku harian orangutan menggunakan metode focal animal sampling dan metode instantaneous sampling. Jumlah dan perilaku pengunjung menggunakan metode event sampling. Pengukuran konsentrasi metabolit kortisol pada feses dilakukan menggunakan metode ELISA. Data diolah menggunakan uji T dan uji korelasi (pearson correlation). Konsentrasi metabolit kortisol pada OUM 1, OUM 2, OUM 3 dan OUF 1 berturut-turut sebesar 832,7±153,0 ng/g, 1432,1±256,2 ng/g, 1025,0±142,5 ng/g, 1117,8±126,0 ng/g. Konsentrasi metabolit kortisol orangutan pada akhir pekan (hari libur/Sabtu-Minggu) tidak berbeda dengan konsentrasi metabolit kortisol pada hari kerja (Senin-Jum’at). Jumlah pengunjung tidak berkorelasi secara signifikan (p>0,05) dengan konsentrasi metabolit kortisol. Tetapi berkorelasi secara signifikan terhadap perubahan perilaku harian yaitu istirahat (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SKRINING BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) PENGHASIL SENYAWA ANTIBAKTERI DARI FESES ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) DI TAMAN HEWAN PEMATANG SIANTAR (THPS) SUMATERA UTARA (Cut Raudhatul Jannah, 2019)

DETEKSI PROTEIN DALAM URIN ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) MENGGUNAKAN STRIPTEST SEMIKUANTITATIF DI TAMAN HEWAN PEMATANG SIANTAR (Cut Shavrina Devinta Fauzi, 2016)

PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA TERHADAP KESEJAHTERAAN HEWAN (ANIMAL WELFARE) PADA KUCING (Taufik Arrahman Siregar, 2018)

DETEKSI GLUKOSA DALAM URIN ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) MENGGUNAKAN STRIPTEST SEMIKUANTITATIF DI TAMAN HEWAN PEMATANG SIANTAR (Octora Enda Sari Ginting, 2015)

PENILAIAN KESEJAHTERAAN HEWAN PADA PEMOTONGAN HEWAN KURBAN TAHUN 2018 DI KABUPATEN ACEH BESAR (Siti Rohaya, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy