//

KONSENTRASI METABOLIT KORTISOL DAN PERILAKU HARIAN RUSA SAMBAR (CERVUS UNICOLOR) PADA TAHAP RANGGAH YANG BERBEDA DI TAMAN RUSA LAMTANJONG ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SRI R PANGGABEAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rusa Sambar (Cervus unicolor) memiliki siklus pertumbuhan ranggah yang terbagi atas empat tahap, yaitu tahap pertumbuhan basis ranggah (pedicle), ranggah lunak (velvet), ranggah keras (hard antler), dan lepas ranggah (casting). Siklus ranggah dipengaruhi oleh fluktuasi hormon testosteron, tiroid, kortisol, dan prolaktin. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur profil konsentrasi metabolit kortisol dan mengamati perilaku harian rusa sambar pada tahap ranggah yang berbeda. Pada penelitian ini digunakan 3 ekor rusa sambar jantan dewasa terdiri dari 1 ekor pada tahap ranggah keras (jantan M1), 1 ekor pada tahap ranggah keras; ranggah lepas; dan ranggah lunak (jantan M2), dan 1 ekor pada tahap ranggah lunak (jantan M3).Pengamatan perilaku dilakukan menggunakan metode focal animal sampling. Sampel feses dikoleksi selama dua bulan. Feses segera dikoleksi setelah rusa defekasi dan disimpan di dalam freezer -20C. Feses selanjutnya di thawing, diekstraksi, dan diukur profil konsentrasi metabolit kortisol menggunakan metode enzyme-linked immunosorbent assay (ELISA). Berdasarkan hasil analisis, rataan (± SE) profil konsentrasi metabolit kortisol pada jantan M1 (ranggah keras) = 337,76 ± 48,921 ng/g; jantan M2 (ranggah keras, lepas, dan lunak) masing-masing sebesar 156,65 ±18,74 ng/g, 219,08 ± 43,06 ng/g; dan 430,89 ± 70,61 ng/g; jantan M3 (ranggah lunak) = 265,44 ± 46,84 ng/g. Perilaku yang sering muncul pada jantan M1, M2, dan M3 pada periode ranggah yang berbeda adalah courtship, menggesekkan ranggah ke pohon dan agonistik (pada ranggah keras), agonistik dan menyendiri (pada ranggah lepas), serta agonistik (pada ranggah lunak). Dapat disimpulkan bahwa rusa sambar menunjukkan adanya perbedaan profil konsentrasi metabolit kortisol dan perilaku harian selama periode ranggah yang berbeda. Kata kunci : rusa sambar, ranggah, kortisol, perilaku harian

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEK JUMLAH DAN PERILAKU PENGUNJUNG TERHADAP KONSENTRASI METABOLIT KORTISOL PADA RUSA SAMBAR (CERVUS UNICOLOR) DI TAMAN RUSA LAMTANJONG, ACEH BESAR (PEGGY THESYA M J, 2019)

STUDI AKTIVITAS HARIAN RUSA SAMBAR(CERVUS UNICOLOR)DI TAMAN RUSA DESA LAMTANJONG KABUPATEN ACEH BESAR (Raudhah Hayatillah, 2016)

ISOLASI BAKTERI ASAM LAKTAT GENUS LACTOBACILLUS DARI FESES RUSA SAMBAR (CERVUS UNICOLOR) (AMELIA ANDIKA PUTRI, 2018)

ANALISIS KESESUAIAN HABITAT RUSA SAMBAR (CERVUS UNICOLOR KERR, 1792) DI KAWASAN CAGAR ALAM JANTHO ACEH BESAR (Dewi Sulma, 2017)

DAMPAK KEBERADAAN TAMAN RUSA TERHADAP PENDAPATAN PEKERJA DI SEKITAR DESA LAMTANJONG KECAMATAN SUKAMAKMUR SIBREH KABUPATEN ACEH BESAR (Fuji Gita Mahardhika, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy