//

PERANCANGAN ALAT PEMBELAH ROTAN DENGAN METODE PERANCANGAN KONSEPTUAL (STUDI KASUS DI DESA KUEH, ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fajar Mubaraq - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pemanfaantan rotan menjadi beragam jenis produk kerajinan telah mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat dan menjadi sumber pendapatan bagi sebagian masyarakat Aceh. Kabupaten Aceh Besar yang merupakan salah satu kabupaten yang memiliki beberapa sentra atau pusat kerajinan rotan. Desa Kueh, merupakan salah satu desa yang memproduksi ragam kerajinan rotan seperti keranjang, penutup makanan dan furniture. Produk yang berbasis kerajinan rotan termasuk kedalam produk kerajinan ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu produk yaitu alat pembelah rotan guna untuk memudahkan pengrajin rotan dalam mengerjakan pekerjaan nya. Produk alat pembelah rotan ini bertujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan pengrajin rotan yang tidak efektif dalam melakukan kegiatan pembelahan rotan, dengan merancang suatu alat pembelah rotan yang dapat memudahkan pengguna dalam melakukan kegiatan pembelahan rotan. Perancangan produk mesin pembelah rotan ini menggunakan metode Perancangan Konseptual yang meliputi tahapan seperti mengidentifikasi kebutuhan pelanggan terhadap produk, benchmarking tiga produk kompetitor sehingga didapatkan spesifikasi untuk produk inovasi yang direncanakan,membentuk struktur fungsi dengan Functional Modeling sehingga didapatkan 3 struktur fungsi, kemudian struktur fungsi tersebut untuk dikembangkan menjadi struktur kerja produk dan tahap terakhir perancangan adalah mengevaluasi konsep produk mesin pembelah rotan yang telah terbentuk. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah inovasi produk mesin pembelah rotan memiliki konsep yang telah memenuhi kriteria spesifikasi perancangan yang telah direncanakan sehingga mesin pembelah rotan dapat dengan mudah dioperasikan, aman dan nyaman digunakan oleh pengrajin rotan dan sebagai alat pendukung proses produksi. Kata Kunci: Pengrajin Rotan, Mesin Pembelah Rotan, Perancangan Konseptual

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN ALAT PENGHALUS ROTAN MENGGUNAKAN METODE PERANCANGAN KONSEPTUAL ( STUDI KASUS: KABUPATEN ACEH JAYA) (ILHAM RAHMAD, 2019)

PERANCANGAN ULANG KURSI ROTAN BERDASARKAN PENGUKURAN DATA ANTROPOMETRI (STUDI KASUS CV. KARYA TRIENG) (Ricky Satria, 2018)

ACEH AQUATIC CENTER (Ema Silviana, 2014)

PERANCANGAN ALAT PENGERING IKAN ASIN DENGAN PERANCANGAN KONSEPTUAL BERBASIS SMART TECHNOLOGY (STUDI KASUS : PRODUKSI IKAN ASIN DI LHOKSEUDU, ACEH BESAR) (YULIA SAWITRI, 2019)

PENGELOLAAN USAHA KERAJINAN ROTAN DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA (Niazah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy