//

ANALISIS PENGGUNAAN ANGGARAN DESA DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN (STUDI DI DESA KUTA JEUMPA KECAMATAN JEUMPA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ERIK PRATAMA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian yang berjudul “Analisis Penggunaan Anggaran Desa dalam Meningkakan Pembangunan di Desa Kuta Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya”ini bertujuan untuk mengetahui sistem penggunaan anggaran Desa dalam pembangunan infrastruktur, sumber daya manusia dan ekonomi masyarakat di Desa Kuta Jeumpa, sertadampaknya terhadap pembangunan infrastruktur, SDM dan ekonomi masyarakat di Desa Kuta Jeumpa Kabupaten Aceh Barat Daya.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya deskriptif. Subjek penelitian ini ialah kepala desa, sekretaris desa, bendahara desa, masyarakat Desa Kuta Jeumpa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa sistem penggunaan anggaran desa di Desa Kuta Jeumpa ini didasari oleh Qanun Desa yang mengatur pemanfaatan anggaran desa tersebut. Pelaksanaan pembangunan dari dana desa diawali dengan musyawarah yang melibatkan berbagai aparatur pemerintahan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat setempat. Anggaran desa di Desa Kuta Jeumpa digunakan untuk pembangunan infrtastruktur seperti jalan, rumah ibadah, kantor desa, tanggul, saluran pembuangan dan sebagainya. Bidang SDM anggaran desa digunakan untuk peningkatan mutu pendidikan anak-anak sedangkan dibidang ekonomi anggara desa digunakan untuk pemberdayaan pertanian masyarakat dengan pembangunan irigasi persawahan, pemberian bibit unggul seperti ternak, bibit padi serta kepentingan pertanian lainnya.Dampak penggunaan anggara desa ini terlihat dalam aspek infrastruktur, ekonomi dan SDM masyarakat setempat. Infrastruktur yang telah baik di Desa Kuta Jeumpa ini membuat masyarakat lebih leluasa menjalani aktivitas kesehariannya baik aktivitas ekonomi, agama dan pendidikan. Bidang SDM penggunaan anggaran desa berdampak terhadap mutu pendidikan anak-anak yang ada di Desa Kuta Jeumpa baik mutu pendidikan umum maupun pendidikan agama. Bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat anggran desa telah berdampak dengan meningkatnya motivasi masyarakat untuk bertani, meningkatnya hasil panen dan lain-lain. Kata Kunci:Penggunaan, Anggaran Desa, Pembangunan, Desa Kuta Jeumpa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANAN SANGGAR PUTROE JEUMPA KEUBIRU DALAM MELESTARIKAN TARI PHO DI DESA BLANG KUALA KECAMATAN MEUKEK ACEH SELATAN (Mizanul Fhata, 2018)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA APARATUR DESA DALAM PENYELENGGARAAN PEMBANGUNAN DI DESA SUAK RIBEE KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN (Siti Kurniati, 2017)

DINAMIKA DAN SEMIOTIKA KESENIAN RAPA’I PULOET GEURIMPHENG DI KECAMATAN KUTA BLANG KABUPATEN BIREUEN (ALI MURSALAN, 2019)

PEMANFAATAN DANA DESA DALAM PEMBANGUNAN DESA (SUATU PENELITIAN DI DESA PEROLIHEN KEC.SITELLU TALI URANG JEHE, KAB.PAKPAK BHARAT) (dina banurea, 2017)

ANALISIS PELAKSANAAN TUGAS PEMERINTAHAN DESA DI KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Zakie Abdillah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy