//

VARIASI HORMON ESTRADIOL-17 β YANG DI APLIKASIKAN SECARA ORAL TERHADAP PROSES PEMATANGAN GONAD IKAN PEDIH (TOR DOURONENSIS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ichsan Pratama - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ikan pedih (Tor douronensis) merupakan ikan air tawar yang hidup di daerah pegunungan dan sungai beraliran deras di pedalaman Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dosis hormon Estradiol 17-β yang terbaik secara oral untuk pematangan gonad ikan pedih (Tor douronensis). Penelitian ini dilakukan di BBI Lukup Badak, Kecamatan Pegasing, Aceh Tengah dari Febuari sampai April 2017. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 taraf perlakuan dan 3 kali ulangan yaitu: 0 ml/kg pakan, 0,2 ml/kg pakan, 0,4 ml/kg pakan, dan 0,6 ml/kg pakan. Hasil uji ANOVA menunjukkan bahwa dosis perlakuan Estradiol 17-β yang berbeda pada ikan pedih berpengaruh nyata terhadap pertambahan bobot induk, pertambahan bobot relatif, indeks kematangan gonad, diameter telur dan diameter telur relatif. Sedangkan hasil uji lanjut Duncan menunjukkan bahwa dosis terbaik dijumpai pada perlakuan 0,6 ml/kg pakan. Kata kunci: Tor douronensis, pematangan gonad, hormon Estradiol 17-β

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INDUKSI MATURASI GONAD PADA IKAN PEDIH (TOR DOURONENSIS) DENGAN MENGGUNAKAN HORMON PMSG+AD DENGAN DOSIS YANG BERBEDA (WALI AGUNG, 2019)

VARIASI HORMON PMSG + AD YANG DIAPLIKASIKAN SECARA ORAL TERHADAP PROSES PEMATANGAN GONAD IKAN PEDIH (TOR DOURONENSIS) (Agus Nawan, 2019)

PEMBERIAN HORMON PMSG+AD MELALUI PAKAN DENGAN DOSIS YANG BERBEDA UNTUK PEMATANGAN GONAD IKAN DEPIK (RASBORA TAWARENSIS) (Muhammad Abrar, 2018)

INDUKSI HORMON PREGNANT MARE SERUM GONADOTROPIN (PMSG) DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP PEMATANGAN GONAD IKAN PERES (OSTEOCHILUS KAPPENI) (Rommy Darliansyah, 2017)

PROFIL HORMON ESTRADIOL SAPI ACEH SELAMA SATU SIKLUS BERAHI (juliana Rossa, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy