//

DETEKSI E. COLI PADA AIR MINUM DALAM KEMASAN PRODUKSI ACEH YANG BEREDAR DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Farah Agriana - Personal Name
SubjectDRINKING WATER-HEALTH
ESCHERICHIA

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Air merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting. Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) adalah air baku yang telah diproses, dikemas dan aman diminum mencakup air yang mengandung mineral dalam jumlah tertentu tanpa menambahkan mineral maupun air yang telah melalui proses pemurnian seperti destilasi, deionisasi, reverse osmosis dan proses setara. Untuk memperoleh air mineral dalam kemasan yang sesuai dengan persyaratan kesehatan, diperlukan pemeriksaan kualitas air agar air yang dikonsumsi terbebas dari kontaminasi bakteri E. coli. Uji mikrobiologi ini dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Sampel yang digunakan adalah air minum dalam kemasan produksi Aceh yang beredar di kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif laboratorik dengan metode sampling stratified random sampling. Pengolahan sampel menggunakan metode Most Probable Number (MPN). Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 7 sampel dengan 3 kali pengulangan. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu tidak ditemukan adanya kontaminasi E. coli dari air minum dalam kemasan yang beredar di Kota Banda Aceh dengan hasil MPN 0/100 ml. Kata Kunci: Air minum dalam kemasan, Most Probable Number, E. co

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI KUALITAS MIKROBIOLOGI AIR BAKU DAN AIR MINUM ISI ULANG PADA DEPOT AIR MINUM ISI ULANG DI KOTA SABANG (Rachmat Rasadi, 2014)

DETEKSI E. COLI PADA AIR MINUM DALAM KEMASAN PRODUKSI ACEH YANG BEREDAR DI KOTA BANDA ACEH (Farah Agriana, 2014)

HUBUNGAN HIGIENE SANITASI DEPOT AIR MINUM DENGAN KUALITAS AIR MINUM ISI ULANG DI KECAMATAN SYIAH KUALA (Riana Maya Sari, 2017)

UJI BAKTERIOLOGIS AIR MINUM DALAM KEMASAN YANG BEREDAR DI KOTA BANDA ACEH (Asnita Ulfa, 2014)

UJI KUALITATIF ESCHERICHIA COLI PADA AIR MINUM PDAM TIRTA DAROY DI EMPAT KELURAHAN DI KECAMATAN KUTA ALAM RNKOTA BANDA ACEH (Rafsanjani, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy