//

PENGARUH PEMBERIAN GONADOTROPIN RELEASING HORMONE (GNRH) MENGIRINGI PROSTAGLANDIN F2 ALFA (PGF2α) TERHADAP PENINGKATAN RESPONS OVARIUM SAPI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hadid Khalifah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pertumbuhan folikel pada ovarium dirangsang oleh follicle stimulating hormone (FSH) yang dihasilkan oleh hipofisa anterior akibat rangsangan dari gonadotropin releasing hormone (GnRH) yang dihasilkan oleh hipotalamus. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian GnRH mengiringi prostaglandin f2 alfa (PGF2α) terhadap peningkatan respons ovarium sapi aceh. Dalam penelitian ini digunakan enam ekor sapi aceh betina dengan umur 3-5 tahun dan memiliki bobot badan 150-250 kg, sudah pernah beranak dan memiliki dua kali siklus estrus reguler. Seluruh sapi dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok I (K1, n=3) mendapat perlakuan sinkronisasi berahi dengan prostaglandin F2 alfa (PGF2α, Lutalyse™) dengan dosis 5 ml/ekor dan kelompok II (K2, n=3) mendapat perlakuan sinkronisasi berahi dengan PGF2α dengan dosis 5 ml/ekor dan GnRH (Fertagyl™). Penyuntikan GnRH pada K2 dilakukan 48 jam setelah penyuntikan PGF2α dengan dosis 100 μg/ekor. Pemeriksaan respons ovarium dilakukan menggunakan ultrasonografi (USG) transrektal. Pemeriksaan dilakukan selama lima hari setelah sinkronisasi birahi. Respons ovarium sapi aceh meliputi jumlah serta diameter folikel dominan dan corpus luteum yang diperoleh dianalisis dengan uji split plot. Berdasarkan hasil analisis statistik pemberian hormon terhadap respons ovarium pada folikel kelas II, folikel kelas III, dan ukuran CL menunjukkan perbedaan yang tidak nyata antara kelompok K1 dan K2 (P>0,05), pengaruh hari terhadap respons ovarium pada fo likel kelas III dan ukuran CL menunjukkan perbedaan yang nyata antara kelompok K1 dan K2 (P0,05). Disimpulkan bahwa pemberian GnRH tidak memengaruhi peningkatan respons ovarium sapi aceh. Kata kunci: sapi aceh, GnRH, respons ovarium.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN GONADOTROPIN RELEASING HORMONE (GNRH) MENGIRINGI PROSTAGLANDIN F2 ALFA (PGF2α) TERHADAP PENINGKATAN LEVEL HORMON STEROID PADA SAPI ACEH BETINA (Wulan Justika, 2019)

PENGARUH PEMBERIAN GONADOTROPIN RELEASING HORMONE (GNRH) PADA SAPI YANG DISINKRONISASI ESTRUS DENGAN PROSTAGLANDIN F2 ALFA (PGF2α) TERHADAP TAMPILAN BERAHI DAN PERSENTASE KEBUNTINGAN (Ella Desita, 2019)

PERBANDINGAN KONSENTRASI PROGESTERON SELAMA SIKLUS BERAHI PADA KAMBING KACANG YANG DIINDUKSI PGF2α ATAU KOMBINASI PGF2α DAN GNRH (Fadli Fema Ramadhan Nasution, 2017)

PERBANDINGAN KONSENTRASI PROGESTERON SELAMA SIKLUS BERAHI PADA DOMBA WARINGIN YANG DIINDUKSI PGF2α ATAU KOMBINASI PGF2α DAN GNRH (Yezi Gita Rahayu, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN GONADOTROPIN RELEASING HORMONE (GNRH) TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS SPERMATOZOA SAPI BALI (FEBY CLAUDIA SIRAIT, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy